Warta Uncen

Uncen Peringati Hari Pendidikan Nasional

Sebagai lembaga Pendidikan Tinggi di Indonesia tanggal 2 Mei merupakan hari yang sangat penting bagi kita. Hari yang penuh dengan makna, inspirasi dan motivasi dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia. Untuk memperingati hari tersebut Universitas Cenderawasih  telah melakukan Upacara Bendera pada tanggal 2 Mei 2018.  Upacara dipimpin langsung oleh Rektor Uncen, Dr.Ir. Apolo Safanpo, S.T.,M.T, bertempat di halaman gedung Pascasarjana, Kampus Uncen-Abepura. Selasa,2/02).

Hadir dalam upacara Hardiknas, segenap pimpinan Universitas, Fakultas, Lembaga dan para pejabat Sruktural, seluruh pegawai, dosen dan juga mahasiswa.

Tahun 2018 ini, Hardiknas mengusung thema “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia”.

Rektor  sebagai Pembina Upacara tidak membacakan sambutan Menristekdikti secara utuh namun apa yang disampaikan tetap ada dalam koridor sambutan Menristekdikti. Rektor  menyampaikan pesan kepada warga Perguruan Tinggi bahwa dalam proses pengembangan SDM, Pendidikan Tinggi sebagai bagian dari Lembaga Pendidikan secara keseluruhan memegang peranan yang sangat penting tanpa mengesampingkan peran pendidikan formal dan non formal. Perguruan Tinggi merupakan terminal terakhir dari seluruh rangkaian pendidikan formal  mulai dari SD hingga PT. Itu sebabnya kita sebagai pranata PT dituntut untuk terus menerus meningkatkan kualitas SDM di lingkungan Perguruan Tinggi. Saat ini hampir semua  negara di dunia ini terus mendorong Perguruan Tinggi mereka untuk malakukan riset dalam rangka menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa-bangsa di dunia.

Sekarang kita sudah berada pada era Revolusi Industri 4.0, yang ditandai dengan ekonomi digital, robotic teknologi dan teknologi digital lainnya. Proses produksi yang dulunya  menggunakan tenaga manusia sekarang telah digantikan dengan tenaga mesin dan digital. Itu sebabnya PT sebagai garda terdepan dalam pengembangan SDM dituntut untuk harus segera menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dalam proses produksi dan industry yang nantinya berdampak pada kemajuan dan peradaban bangsa.

“JIka mmungkinkan pendidikan tinggi perlu memainkan perannya sebagai pemungkin (enablers) bagi perubahan dan inovasi-inovasi social sebagaimana dituntun dan dituntut dalam era disruptif saat ini”, demikian cuplikan sambutan Menteri.

Dalam upacara Hardiknas ini turut dibagikan Sertifikat Dosen  bagi  32 dosen yang dari berbagai Fakultas. Juga pembagian hadiah bagi  pemenang lomba Cerdas Cermat On MIPA FKIP  tingkat SMA se kota/kabupaten kota Jayapura.

Loading

Tags
id_IDBahasa Indonesia