Warta Uncen

FKIP : Turnamen Dekan CUP III Menyambut Hardiknas.

Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih menggelar Turnamen Tenis Meja Dekan Cup III dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2023. Kegiatan ini telah berlangsung di halaman Gedung FKIP Uncen dan dibuka oleh Dekan FKIP Uncen Yan Dirk Wabiser S.Pd.,M.Hum. pada hari Jumat, 28 April 2023.  Pembukaan dihadiri oleh Pembantu Dekan II FKIP Dr. Ewendi W. Mangolo.,M.Kes,AIFO, para dosen dan 64 peserta turnamen.

Dekan FKIP Uncen usai menyerahkan Bola dan Bat Tenis kepada panitia sebagai tanda dibukanya turnamen menyampaikan sangat berterimakasih kepada dua fakultas di uncen yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan turnamen ini yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Satu kesan membanggakan bagi FKIP dan memberikan apresiasi kepada salah satu peserta bahwa turnamen kali ini ada seorang alumni yang sekarang menjabat sebagai Dekan FMIPA, Dr. Dirk Y.P Runtuboi,M.Kes. turut meramaikan turnamen tenis meja Dekan Cup.

Yan Dirk juga mengatakan bahwa kita sebagai lembaga pendidikan yaitu Universitas Cenderawasih maupun fakultas harus melakukan beberapa kegiatan untuk menyongsong Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. FKIP merupakan salah satu pilar pencetak calon guru jadi harus melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan dosen, staf dan mahasiswa dalam rangka memperingati Hardiknas tersebut.

Harapan Dekan bahwa turnamen seperti ini harus berlangsung terus-menerus, bukan hanya pada saat Hari Pendidikan Nasional saja tetapi pada hari-hari besar laninya. Dimana kegiatan-kegiatan non Akademik seperti ini dapat membantu meningkatkan Akreditasi Program Studi. Kedepannya FKIP dapat menggelar turnamen atau kegiatan lainnya yang melibatkan banyak mahasiswa, sehingga mahasiswa dari 4 Jurusan di FKIP ini bisa terlibat aktif, sambungnya.

Drs. Frans Deminggus, M.Si selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan turnamen kali ini merupakan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa, dosen dan staf di lingkungan Universitas Cenderawasih dalam berolahraga (khususnya Olahraga Tenis Meja). Dampak positifnya adalah kita dapat belajar hidup sehat dengan berolahraga. Harapan Frans dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan juga suatu hubungan yang harmonis antara Dosen, Mahasiswa dan Staf di ligkungan Universitas Cenderawasih terlebih khusus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Frans Deminggus juga menyampaikan bahwa turnamen ini juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mewakili program studi masing-masing maupun di tingkat jurusan dan fakultas. Melalui turnamen-turnamen seperi ini bakat kita bisa diasah dan dikembangakan. Selama ini kami hanya melaksanakan di fakultas saja, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan adanya kegiatan ini kita akan memilih bibit-bibit yang bagus untuk bisa ikut bertanding antar universitas yang ada di Indonesia. Sehingga kita bisa melihat bahwa FKIP mampu bersaing dimana saja ada turnamen -turnamen yang dilaksanakan, ungkapnya.

Dr. Triwiyono, M.Si sebagai salah satu dosen senior dari Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih dan sebagai salah satu peserta dalam Turnamen Tenis Meja Dekan Cup ini menyampaikan bahwa kiat utama dalam kegiatan ini bagaimana kita mengolahragakan masyarakat di lingkungan kampus sehingga diharapkan mahasiswa, dosen dan karyawan bisa hidup sehat melalui olahraga.

Harapan salah satu dosen senior ini kedepan harus ada event-event yang lebih besar lagi, diantaranya dalam rangka memperingati Dies Universitas Cenderawasih atau Dies Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sehingga tenis meja menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat pada umumnya.

Menurut Tri , keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan turnamen seperti ini sangat penting, karena dengan olahraga bisa membentuk karakter mereka seperti jiwa-jiwa sportifitas, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Mahasiswa harus senantiasa diikutsertakan karena mereka adalah generasi-generasi muda atau generasi penerus untuk nusa dan bangsa kedepannya.

Turnamen yang berlangsung selama lima hari ini berakhir dengan partai final usai upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan oleh Universitas Cenderawasih di halaman Gedung Program Pascasarjana. Setiap pemenang menerima hadiah yang diserahkan oleh dekan berupa uang pembinaan dan piala  serta sebuah buku yang ditulis oleh Dekan FKIP berjudul “Papua Dari Pemekaran ke Pemekaran”.

Hasil Turnamen :

Juara  Tunggal Putri :

  1. Ibu. Albina
  2. Agatha
  3. Ibu. Usna

Juara Ganda Putri :

  1. Ibu. Siane/Rodua (Penjaskes)
  2. Ibu Usna/Ibu. Albina (FKIP Akademik)
  3. Ibu. Junalia/Ibu. Senny Renyaan (FIK)

Juara Tunggal Putra :

  1. Irja Sepriyanto Jenmau
  2. Auldry Waluko
  3. Nasrudin
  4. M.Saiful

Juara Ganda Putra :

  1. Nasrudin/Laurens
  2. Irja/Mambe
  3. Eddy/Yohanis Mandosir
  4. Adam/Maik Akobiarek

(Irja/Yani)

Loading

id_IDID