Warta Uncen

Pengukuhan Pertama Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Cenderawasih

Sebanyak 340 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Cenderawasih. Dinyatakan lulus pada Ujian Kompetensi Mahasiswa (UKM) periode VII tahun 2022 dan mengikuti Pengukuhan Guru Profesional pada Kamis, (2/3/2023) bertempat di hotel Horison Kotaraja,Jayapura. Pengukuhan ini diikuti sebanyak 250 orang secara offline dan 90 orang secara online.

Pengukuhan oleh Rektor Uncen Dr. Oscar Oswald Wambrauw, SE, MSc, Agr, mengatakan “Dengan Rahmat Tuhan yang maha esa pada hari ini Kamis 2 Maret 2023 saudara-saudara Saya kukuhkan sebagai pendidik profesional dan diberi sebutan profesi guru, semoga Allah yang maha kuasa senantiasa melimpahkan rahmat kepada saudara-saudara dalam mengemban tugas sebagai pendidik”.

Ketua PPG Dr. C. Tanta, M.Si melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2022 mulai dari kategori 1 dan kategori 2  dalam jabatan. Pada Kategori 1 diikuti oleh 275 mahasiswa yang terdiri dari bidang Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, PKn, Geografi, dan Guru Kelas. Pada Kategori 2 diikuti oleh 119 mahasiswa yang terdiri dari bidang Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Guru Kelas.

“Untuk UKMPPG Periode 7 Tahun 2022, mahasiswa/i PPG yang mendaftar sebanyak 371 mahasiswa, dengan pembagian Firsttaker sebanyak 340 orang, dan retaker sebanyak 31 orang. Dari hasil kelulusan UKMPPG periode 7 Tahun 2022 yang lulus sebanyak 340 mahasiswa, dengan rincian firsttaker sebanyak 325 orang dan retaker sebanyak 15 orang. Pada kesempatan yang baik ini, kami menyampaikan terimakasih kepada pak Rektor yang telah menyerahkan dan mengukuhkan 340 orang lulusan PPG Tahun 2022,” tutupnya.

Selanjutnya Rektor Uncen Dr. Oscar Oswald Wambrauw, SE, MSc, Agr, dalam sambutannya  menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada Dekan FKIP dan jajarannya, serta bapak/ibu dosen karena selama ini sudah melaksanakan dengan baik program PPG Dalam Jabatan.

“Perlu Saya sampaikan Universitas Cenderawasih telah menghasilkan 950 guru professional. tahun 2022 Universitas Cenderawasih meluluskan 410 orang dengan rincian 52 orang lulus pada UKMPPG Periode 1, 18 orang lulus pada UKMPPG Periode 3, dan 340 orang lulus pada UKMPPG Periode 7. “Bapak/ ibu sudah resmi menyandang gelar guru profesional. Dari gelar tersebut diharapkan anda menjadi agen perubahan dan ujung tombak dalam proses Pendidikan di tempat  bpk/ ibu bertugas. Menjadi Guru tidak sekedar di atas kertas tapi harus diwujudkan dalam kata dan tindakan.

Rektor menambahkan bahwa harus ada perbedaan dari sebelumnya, belia mengutip pernyataan Nelson Mandela, bahwa Pendidikan adalah senjata paling ampuh merubah dunia, itulah mengapa negara ini harus serius mengurus Pendidikan karena martabat generasi muda ada di tangan bapak/ ibu guru professional.

Sebelum mengakhiri sambutannya, beliau menyampaikan selamat sekali lagi kepada 340 guru profesional yang dikukuhkan hari ini, untuk menjadi guru professional, jaga nama baik pribadi jaga nama almamater dan berupaya dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tidak melakukan kegiatan yang tidak terpuji.

Sementara itu, Dekan FKIP Yan Dirk Wabiser, SPd., M.Hum dalam sambutannya mengatakan PPG terbaik Indonesia adalah PPG Universitas Cenderawasih, karna PPG Uncen dipercayakan untuk menyiapkan lulusan guru PPG yg profesional di kawasan Sulawesi bahkan Guru profesional yang ada di Jawa Timur, Jawa barat, Jawa Tengah, Sumatera dicetak dari Uncen.

Informasi dihimpun Tim Humas Uncen, Pengukuhan ini adalah pengukuhan pertama untuk Prodi PPG Uncen dari 12 bidang total mahasiswa PPG tahun 2022, 371 orang sebanyak 31 orang dinyakan Belum Lulus. Dengan demikian, tingkat kelulusan mencapai 92%. Suatu pencapaian yang sangat baik bagi FKIP Uncen khususnya Program Pendidikan Profesi Guru.

(Perchy/ Pity)

Loading

id_IDBahasa Indonesia