Warta Uncen

Universitas Cenderawasih Studi Banding ke IPB

Universitas Cenderawasih (UNCEN) melakukan studi banding ke Institut Pertanian Bogor (IPB) guna mempelajari Sistim tata kelola asrama mahasiswa, sistim tata kelola beasiswa, dan Program Pengembangan Karir/ Alumni. Rombongan UNCEN ini disambut oleh Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP.,M.Si, di ruang pertemuan Direktorat Kemahasiswaan dan Karir yang terletak di Gedung Andi Hakim Nasoetion/ Rektorat IPB, (Bogor, 29 September 2021).

Dalam sambutannya, Dr. Alim Setiawan mengucapkan selamat datang dan menyambut baik kehadiran tim Studi banding UNCEN ke kampus ini. Menurutnya, ini merupakan suatu kehormatan bagi IPB karena UNCEN sudah memilihnya sebagai mitra untuk melakukan studi banding. Selain itu, Dr. Alim Setiawan mengungkapkan bahwa, Studi banding ini bisa menjadi sebuah kolaborasi antar kedua perguruan Tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, khususnya dalam bidang kemahasiswaan dan alumni.

Pada kesempatan itu, Dr. Alim Setiawan juga menjelaskan secara singkat bagaimana IPB membangun sebuah sistem informasi tata kelola bagi semua bidang di bawah direktorat kemahasiswaan dan karir IPB yang membutuhkan proses yang cukup lama, karena harus berkoordinasi dengan berbagai bidang seperti akademik dan kerjasama.

Sementara itu, Wakil Rektor III Uncen, Dr. Jonathan K. Wororomi, S.Si.,M.Si, menyampaikan terima kasih atas kesediaan IPB untuk berbagi informasi dan juga menjelaskan secara singkat tujuan kedatangan tim Studi banding dari UNCEN. Pada kesempatan tersebut, Dr. Jonathan juga menyoroti sistim tata kelola asrama mahasiswa: “Tata kelola sistim informasi khususnya sistim tata kelola asrama mahasiswa IPB sebagai yang terbaik di Indonesia, sehingga dapat dijadikan rule model bagi Uncen dalam melakukan upaya perbaikan tata kelola asrama di Uncen yang telah lama terabaikan dan belum tertangani secara accountable dalam format tertentu. misalnya dikelola melalui manajemen Koperasi Mahasiswa dan beberapa model pengembangan pola asrama sebagai pusat pembinaan karakter bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai ragam budaya dan latar belakang.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Prof. Dr. Toni Bakhtiar, S.Si, M.Sc (Direktur Pendidikan Kompetensi Umum), Dr. Yusalina, M.Si (Asisten Direktur Kesejahtraan Mahasiswa), Handian Purwawangsa, S.Hut., M.Si (Asisten Direktur Pengembangan Karir), Dr. Suratni, S.E., M.M (Asisten Direktur Bidang Asrama Mahasiswa dan Kemahasiswaan serta beberapa Staf IPB lainnya.  Sementara dari pihak UNCEN turut hadir Abdul R. Matdoan, S.H (Plt. Kepala Biro Administrasi Perencanaan Sistim Informasi dan Kerja Sama), Yesua Ayomi, SE, (Sub Koordinator Kemahasiswaan FH), Remus M.B. Kmurawak (Staf Dosen FMIPA/CDC), Elimelek Ramandey, SE., M.Si (Staf Dosen FEB) dan beberapa staf bidang kemahasiswaan Universitas Cenderawasih.

Kegiatan yang diawal dengan pemaparan materi dari pihak IPB dilanjuti dengan diskusi dari kedua belah pihak berjalan dengan sangat baik dan diakhiri dengan melakukan kunjungan (site visit) ke beberapa fasilitas mahasiswa seperti gedung kuliah bersama bagi mahasiswa baru yang berada pada Tahap Perkuliahan Bersama (TPB) dan fasilitias asrama mahasiswa yang berada di dalam lingkungan kampus IPB. (AA)

Loading

Tags
id_IDBahasa Indonesia