Warta Uncen

Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019

SNMPTN adalah kebijakan nasional yang harus dilaksanakan oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri. Sebagai salah satu PT Negeri di Indonesia, Uncen wajib melakukan sosialisasi di wilayah Papua yang terbagi di 5 Daerah ( Biak, Nabire, Yapen, Jayawijaya dan Timika ).

Sosialisasi ini bermanfaat bagi calon mahasiswa dan pihak sekolah menengah atas dan sederajat. Pihak sekolah berkewajiban untuk mengisi pangkalan data siswa sekolah dengan nilai-nilai para siswa kelas 12. Siswa kelas 12 berkesempatan untuk masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN maupun SBMPTN.

Dengan tanggung jawab ini maka Uncen melakukan sosialisasi kepada masyarakat melaui media elektronik Radio maupun Televisi. Dengan RRI Jayapura,sosialisasi dilaksanakan di studio Pro 1 pada Hari Rabu, pukul 7.30 pagi. Nara Sumber PR I, Dr.Onesimus Sahuleka,S.H.,M.Hum yang juga sebagai Ketua Panitia Lokal 94 Jayapura dan Pembantu Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr.Oscar Wambrauw,S.E.,M.Sc.Agr (Sekretaris Panitia Ujian Tulis berbasis Komputer).

Perubahan yang terjadi pada SNMPTN dan SBMPTN 2019 adalah bahwa tidak akan ada tes keterampilan bagi calon mahasiswa namun digantikan dengan porto folio siswa.

Dari dialog ini ada informasi penting yang didapat dari audence tentang keberadaan SMA dan sederajat di wilayah pedalaman Papua seperti di Mamberamo Raya dan Mamberamo Tengah. Di wilayah ini SMA yang ada belum memiliki fasilitas komputer dan internet sehingga akan menyulitkan siswa dan pihak sekolah untuk melukan pengisian data pada PDSS dan pendaftaran On Line calon mahasiswa baru dari sekolah tersebut.

Keberadaan sekolah di pedalaman masih menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota untuk lebih memperhatikan lembaga pendidikan menengah atas yang dinaunginya. Terutama menyangkut fasilitas IT ( komputer dan jaringan Internet).

Sosialisasi berikutnya akan dilaksankan melalui TVRI Papua pada hari Kamis, 10 Januari 2019. Saat Pendaftaran secara On-Line mulai dilakukan, Universitas Cenderawasih menyiapkan 10 unit komputer dan operator di auditorium uncen untuk membantu siswa yang ingin mendaftar SBMPTN. **Humas**

Loading

Tags
id_IDBahasa Indonesia