Warta Uncen

Seminar Sistem Ekonomi Syariah

Menyambut Dies Natalis ke-30 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih, salah satu kegiatan dalam Pekan Dies adalah seminar tentang Ekonomi Syariah. Seminar berlangsung di aula FEB. Kamis, 8 Juni 2023.

Dekan FEB, Prof.Dr. Mesak Iek, S.E., M.Si saat membuka seminar menyampaikan bahwa Ekonomi Syariah menjadi salah satu alternatif dalam menjawab dinamika perekonomian global dan nasional. Berbagai negara di dunia saat ini sudah menggunakan sistem ekonomi syariah dalam membangun perekonomian mereka.

Untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNCEN akan terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis melalui seminar-seminar yang bertemakan ekonomi misalnya tentang Sistem Ekonomi Syariah.

Pemateri seminar berasal dari dunia perbankan dan akademisi. Dari perbankan Reny Cendrasari perwakilan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan materi Solusi Keuangan Syariah yang menerangkan Apa itu Bank Syariah, produk penghimpunan dana, produk pembiayaan, prinsip bagi hasil dan prinsip jual beli. Kemudian dilanjutkan dengan materi Implementasi Ekonomi Syariah di BSI dengan berbagai produk dan layanan yang ditawarkan BSI.

Dari akademisi, Imam Wahyudhi Dosen IAIN Fattahul Muluk Papua membawakan materi pengenalan ekonomi syariah yang menjelaskan tentang dasar munculnya ekonomi syariah, bencana ekonomi yang pernah terjadi, revolusi ilmu pengetahuan yang berpengaruh pada ilmu ekonomi yang konvesional, sudut pandang dalam ekonomi syariah serta ciri sitem ekonomi islam.

Seminar ini diikuti oleh beberapa dosen FEB dan sejumlah mahasiswa ekonomi dari 3 prodi yang memenuhi aula FEB. Seminar ini memberi ruang tanya jawab yang menarik sebagai respon mahasiswa yang masih mempelajari ilmu dan manajemen ekonomi serta akuntansi yang berhubungan dengan bidang keuangan. ****

(yt)

Loading

id_IDBahasa Indonesia