Warta Uncen

PRESIDEN JICA BERKUNJUNG KE UNIVERSITAS CENDERAWASIH

Badan kerja sama internasional Jepang dikenal dengan nama (JICA) atau Japan International Cooperation Agency adalah sebuah Lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu Pembangunan negara-negara berkembang. Selain itu tujuan Lembaga ini untuk meningkatkan Kerjasama internasional antara Jepang dengan negara-negara lain, dan juga menyediakan bantuan keuangan dan bantuan teknis pada negara-negara berkembangan pada berbagai sektor.

Selasa (31/10/2023), Presiden JICA Dr. Akihiko TANAKA berkunjung ke Universitas Cenderawasih dan disambut hangat oleh Rektor beserta civitas akademika Uncen. Sambutan diawali dengan tarian selamat datang khas Papua dan tradisi injak piring (Mansorandak)

Rektor Uncen, Dr. Oscar. O. Wambrauw, SE.,M.Sc.,agr dalam sambutannya menjelaskan maksud kunjungan presiden JICA ke Uncen yaitu untuk melihat langsung improvement projek yang dilakukan di Uncen yang merupakan hasil kerjasama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Uncen khususnya program studi Biologi. Selain dosen, program ini juga melibatkan mahasiswa prodi Biologi.

Dalam kesempatan itu Presiden Jica juga melakukan penanaman pohon dihalaman rektorat Uncen sebagai simbolis jalinan kerjasama yang selama ini sudah terjalin. Penamaman pohon ini juga sebagai simbolis akan dibangunnya kantor JICA di Uncen.

Sesudah penanaman pohon, Presiden JICA melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi kampus F-MIPA untuk bertemu Dekan beserta sivitas akademika di F-MIPA dan meninjau lab biologi serta hasil pertanian yang dikelola oleh mahasiswa program studi Biologi yang terlibat langsung dalam project tersebut.

Pada kesempatan itu Presiden JICA juga berdialog dengan mahasiswa prodi biologi terkait sejauh mana perkembangan program dalam aspek pertanian di lingkungan kampus F-MIPA UNCEN.

(Pity)

Loading

id_IDBahasa Indonesia