Warta Uncen

Pembekalan Tim Ekspedisi Papua Terang

Universitas Cenderawasih turut berpartisipasi melalui penyiapan sumber daya manusia untuk papua terang di tahun yang akan datang serta percepatan pemerataan pembangunan di Indonesia Timur.  Semua ini dinyatakan pada saat penandatangan kesepatakan ekspedisi Papua terang dengan pihak Perusahan Listrik Negara ( PLN ) serta beberapa pihak, Dr. Yonahtan Wororomi,S.Si., M.Si Pembantu Rektor III Uncen ikut ambil bagian dalam kesepatan ini sekaligus mewakili Rektor. Jakarta, 28 Juli 2018

Para peserta sebelum menjalankan tugasnya di tengah masyarakat, para peserta akan diberikan pembekalan mulai dari pembangunan jiwa korsa dari TNI AD, pengenalan masyarakat papua dan topografi wilayah dari Papua Center UI, pemanfaatan data pengindraan jauh dari LAPAN, serta workshop fotografi dan jurnalistik dari pakar media massa.

Dalam hal ini, PLN bersama 165 mahasiswa pencinta alam (MAPALA) dari 5 (lima) Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Cenderawasih (Uncen) akan melakukan survei geografi, demografi, potensi energi baru terbarukan maupun sistem jaringan evakuasi daya di sekitar 415 desa di 24 kabupaten di Papua dan 1 kabupaten di Papua Barat.

Para Mapala ini akan berangkat ke Papua bersama 130 pegawai PLN yang menjadi relawan. Tugas para relawan nanti adalah membantu pelaksanaan survei listrik yang dilakukan oleh para mahasiswa.

sumber. Grandyos Zafna – detikFinance

Loading

id_IDBahasa Indonesia