Pendaftaran Mahasiswa Baru

Sampai saat ini Universitas Cenderawasih (UNCEN) telah memiliki beberapa fakultas yaitu:

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Kampus Abepura)
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Kampus Waena & Abepura)
  3. Fakultas Hukum (Kampus Waena & Abepura)
  4. Fakultas Ekonomi (Kampus Waena)
  5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Kampus Waena)
  6. Fakultas Teknik (Kampus Waena)
  7. Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kampus Abepura)
  8. Fakultas Kedokteran (Kampus Abepura)
  9. Fakultas Ilmu keolahragaan (Kampus Waena)

UNCEN memberi kesempatan kepada para peminat melalui beberapa jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut adalah

  • jalur SNMPTN
  • jalur SBMPTN
  • jalur Bidikmisi
  • jalur Mandiri

Jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa UNCEN dijelaskan lebih detail di bawah ini.

Pendaftaran Online Jalur SNMPTN UNCEN 

SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berpretasi yang seleksinya dilakukan tanpa tes.

SNMPTN ini diperuntukkan bagi siswa yang mendapatkan jalur undangan. Siswa yang tidak mendapat jalur undangan tidak bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNMPTN. Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti seleksi SNMPTN, siswa bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Ada tiga tahapan untuk bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN yaitu:

  1. pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa dilaman PDSS pada alamat pdss.snmptn.ac.id
  2. pemeringkatan oleh panitia
  3. pendaftaran SNMPTN oleh siswa di alamat web.snmptn.ac.id 

Penjelasan lebih lengkap seperti tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jumlah PTN, jadwal pelaksanaan, tahapan seleksi, dan lain-lain bisa dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN atau Panduan Pendaftaran SNMPTN.

Pendaftaran Online Jalur SBMPTN UNCEN 

Selain SNMPTN, ada pula jalur seleksi nasional lainnya yaitu SBMPTN. Jalur SBMPTN merupakan jalur seleksi yang bertujuan mencari dan menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik serta memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Untuk melakukan pendaftaran, calon mahasiswa membuka laman resmi SBMPTN yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id.

  • Calon mahasiswa melakukan pengisian data tahap awal
  • kemudian membayar biaya pendaftaran.
  • Selanjutya login kembali ke alamat tersebut menggunakan nomor KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN yang telah didapatkan setelah membayar di Bank.
  • Kemudian calon mahasiswa mengisi data-data lengkap dan benar sesuai ketentuan yang tersedia.

Ada dua ujian untuk SBMPTN yang terdiri dari ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis dilaksanakan untuk seluruh peserta SBMPTN. Sedangkan ujian tambahan berupa ujian keterampilan dilaksanakan untuk calon mahasiswa yang mengambil program studi bidang seni dan keolahragaan.

Penjelasan lebih lengkap mengenai alur pendaftaran, tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kelompok ujian dan sebagainya bisa dibaca pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN atau Panduan Pendaftaran SBMPTN.

Pendaftaran Online Jalur Bidikmisi UNCEN 

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu (miskin).

  • Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Selanjunya dapat melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  • Setelah mendaftar Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur nasional.

Untuk mendapatkan bidikmisi, calon mahasiswa harus lulus seleksi jalur nasional yaitu melalui SNMPTN atau SBMPTN. Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanan, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

Pendaftaran Online Jalur Mandiri UNCEN 

Jalur Mandiri UNCEN bertujuan untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UNCEN. Jalur ini juga menjadi jalur alternatif untuk calon mahasiswa yang tidak lulus mengikuti jalur seleksi lainnya.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui website resmi UNCEN yaitu www.uncen.ac.id. Keterangan lain terkait waktu, tempat, persyaratan pendaftaran akan disampaikan secara lengkap di website ini.

This website uses cookies to enhance your browsing experience.