Warta Uncen

Kunjungan UNODC Kantor PBB ke UNCEN : Hutan di Papua perlu dilindungi

Collie F Brown, Country Manager dari Kantor PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan atau disebut dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) berkesempatan berkunjung ke Universitas Cenderawasih dan melakukan percakapan dengan Rektor Uncen,Dr.Ir.Apolo Safanpo, S.T.,M.T. (Senin,24/9) di ruang  kerja Rektor.

Dalam kunjungan tersebut Collie yang didampingi oleh staff UNODC, Yunetty Tarigan dan Samuel Tabuni, Kepala perwakilan Bappenas Papua, terlebih dahulu memperkenalkan tentang UNODC yang tak lain sebagai kantor yang mengurusi  kontrol narkoba dan pencegahan kejahatan. Bertujuan membantu PBB dalam memecahkan masalah perdagangan dan penggunaan illegal narkoba, pencegahan kejahatan dan keadilan criminal, terorisme Internasional, korupsi politik. Selanjutnya dikatakan beliau bahwa untuk mencapai tujuan ini maka yang perlu dilakukan adalah penelitian, kebijakan dan dukungan bagi pemerintah serta pemberian bantuan teknis dan finansial untuk membantu pemerintah negara-negara anggota dalam menyelesaikan permasalahan narkoba dan kejahatan lainnya.

Indonesia telah berkomitmen untuk bekerjasama dengan UNODC dalam memerangi kejahatan penebangan hutan secara liar (illegal logging), perdagangan kayu (timber trafficking) baik dalam tingkat Nasional maupun Internasional. Itu sebabnya Collie Brown dari UNODC hadir di Papua karena Papua kaya akan hutan yang ditandai dengan adanya illegal logging dan trafficking timber.

Kehadiran UNODC di Papua akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa ,dosen dan para pegawai dari instansi terkait untuk mengikuti pelatihan tentang  Kejahatan Penebangan Kayu, Bagaimana mencegah pencurian kayu di hutan. Hal ini dianggap penting oleh Collie.

Disamping itu ditambahkan oleh Samuel Tabuni, bahwa ada ide atau rencana untuk membangun elemen pencegahan  dengan beberapa program yang ada di dalamnya dan meminta agar pimpinan Uncen bersedia menyiapkan tempat agar para mahasiswa khususnya anak-anak gunung paham betul tentang perlindungan hutan.

Rektor Uncen, Dr. Apolo Safanpo, S.T.,M.T., yang didampingi Pembantu Rektor II dan para Kepala Biro mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim UNODC yang akan dapat memberikan pengetahuan bagi para dosen Biologi khususnya dan juga mahasiswa. Sementara itu terkait tempat untuk pelatihan akan segera dibicarakan dan ditindak lanjuti.

 

 

Loading

Tags
id_IDBahasa Indonesia