Warta Uncen

KULIAH UMUM oleh DIREKTUR PUSAT INFORMASI dan KEBUDAYAAN KEDUTAAN BESAR JEPANG

Wakil Duta Besar bidang Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Ryo Nakamura memberikan Kuliah Umum bagi mahasiswa Universitas Cenderawasih dengan topik “ Membangun Jepang dan Masyarakat”. Kuliah umum ini dianggap penting untuk dibagikan bagi mahasiswa mengingat Jepang pernah mengalami kehancuran pada saat Perang Dunia ke- II.

Dalam presentasinya, Ryo  Nakamura, membicarakan tentang bagaimana Jepang membangun negara dan masyarakatnya dimana menurut kebanyakan orang Jepang sedikit berbeda dengan negara-negara Asia lainnya. Pada masa Restorasi Meiji, Jepang mulai mengalami perubahan menjadi negara modern banyak perubahan yang terjadi mulai dari system,aturan kebiasaan asing masuk ke masyarakat Jepang secara pesat. Jepang berupaya keras untuk bangkit dengan sekuat tenaga dan akhirnya berhasil memulihkan diri. Semua dilakukuan dengan kerja keras.

Dari sisi geografis Jepang dan Papua memiliki kesamaan dimana 70 % daratan Jepang merupakan area pegunungan yang tidak bisa dijadikan tempat tinggal, 2/3 wilayah daratannya ditutupi hutan. Namun dengan kerja sama yang baik populasi penduduk dapat bertumbuh dan bertahan hidup.

Selanjutnya ditambahkannya bahwa waktu adalah sesuatu yang berharga dan memiliki nilai, artinya kita tidak boleh membuang waktu berharga yang dimiliki orang lain, “ketepatan waktu merupakan salah satu sifat orang Jepang”, katanya.

Tentang hubungan Indonesia dengan Jepang dikatakan sudah terjalin cukup lama dan saat ini Jepang menjadi salah satu negara penanam modal asing  terbesar di Indonesia contohnya  MRT yang merupakan proyek kerjasama kedua negara.

Mengakhiri presentasinya, Ryo berharap agar masyarakat Indonesia yang memiliki luas wialayah lima kali lebih luas dar Jepang dengan beragam budaya,  Bahasa dan  tradisi serta kaya akan sumber daya alam supaya tetap bersatu dan saling bekerja sama dalam menciptakan kreasi orisinil seperti yang telah dilakukan oleh Jepang.

Kegiatan Kuliah umum dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari Sembilan Fakultad , para Pembantu Dekan III dan disambut secara resmi oleh Pembantu Rektor I, Dr. Onesimus Sahuleka, S.H., M.Hum. mewakili Rektor Uncen. (r.s)

Loading

Tags
id_IDBahasa Indonesia