Prodi Fisika FKIP Gelar Lomba CCF, SMAN 3 Jayapura Bawa Pulang Tropi.

Prodi Fisika FKIP Gelar Lomba CCF, SMAN 3 Jayapura Bawa Pulang Tropi.

Komisariat Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Cenderawasih menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Fisika (CCF) tingkat SMA/MA Se-Kota, Kabupaten, Jayapura. CFF kali ini diikuti oleh 40 tim yang berasal dari 27 sekolah di kota, kabupaten Jayapura dan kabupaten Keerom.

Dengan mengusung thema: “Membangkitkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa/I”, lomba CCF ini dibuka oleh Dekan FKIP, Yan Dirk Wabiser,Sp.Pd.,M.Hum. Dekan FKIP dalam sambutanya mengatakan, kegiatan CCF ini merupakan evaluasi pembelajaran dalam bentuk lomba, dan bertujuan untuk melahirkan fisikawan-fisikiwan baru dimasa mendatang.

 

 

 

 

 

Sementara itu ketua panitia yang juga adalah ketua program studi pendidikan fisika Dr. Indah Slamet Budiarti.,M.P menyampaikan apresiasinya pada semua sekolah yang sudah turut berpartisipasi pada lomba CCF kali ini. “Terima kasih bagi guru pendamping dan siswa-siswi yang mempersiapkan diri dalam waktu singkat. Kami sudah mempersiapkan sertifikat, tropi dan piagam  yang di dukung oleh dinas pendidikan provinsi Papua dan juga tentunya FKIP Uncen.

Dari 40 tim peserta lomba, 4 tim berhasil masuk ke babak final antara lain  SMA Negeri 2, SMA Negeri 3 dengan 2 tim dan SMA Negeri 4. Dari ke 4 tim tersebut yang berhasil memperoleh skor tertinggi dan menjadi juara 1 adalah  tim 1 SMA Negeri 3 dengan skor 500 di ikuti oleh SMA Negeri 4 Jayapura dengan skor 400, tim 2 SMA Negeri 3 dengan skor 300 dan SMA Negeri 2 dengan skor 100.

Muhamad Abdul Azis, M.Pd guru Fisika SMA Negeri 3 dan juga sebagai pendamping dari juara 1 CCF saat ditemui menyatakan rasa bangga atas apa yang telah diraih anak didiknya, walaupun persiapan yang dilakukan untuk mengikuti lomba sangat singkat karena harus berbagi waktu dengan kesibukannya sebagai guru.

“Tapi seminggu kemarin kami mematangkan persiapan untuk kegiatan ini dan bisa membawa 3 tim untuk mengikuti lomba. Dari ke 3 tim tersebut 2 diantaranya menjadi juara 1 dan 3. “Semoga acara ini tetap ditingkatkan lagi ke depannya agar peserta didik yang lain bisa termotivasi  terutama untuk belajar fisika”, ujarnya.

(Naff/HH)