Sosialisasi Internal Pembangunan Zona Integritas FEB Menuju WBK dan WBBM

Tahun 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih ikut serta dalam pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Penilaian dari Tim Irjen Dikti Kemendikbud Ristek dengan memaparkan kekurangan yang harus dibenahi, maka Tim Kerja Zona Integritas FEB Uncen melaksanakan sosialisasi bagi pegawai, dosen dan mahasiswa di lingkungan FEB. Senin, 20 Juni 2022.

Dekan FEB, Dr. Mesak Iek, S.E., M.Si saat membuka acara mengatakan FEB dimandatkan sebagai sub unit di Universitas Cenderawasih untuk melaksanakan pembangunan Zona Integritas. Inti dari program Zona Integritas adalah Wilayah Bebas Korupsi yang bersih dari korupsi dalam segala hal. Korupsi yang dimaksud bukan hanya mengenai uang namun ada juga korupsi waktu, korupsi nilai yang dilakukan oleh dosen terhadap nilai yang harus diperoleh mahasiswa.

Dekan menambahkan bahwa Pembangunan Zona Integritas sudah dilaksanakan sejak tahun 2021 dengan penilaian yang hasilnya masih perlu ditingkatkan. Ada beberapa hal yang belum mencapai nilai maksimal. Mahasiswa juga harus mengetahui apa itu Zona Integritas, begitu juga dosen dan pegawai. Sehingga sosialisasi ini dilakukan agar semua pihak memahami zona integritas yang saat ini sedang dikerjakan universitas dimulai dari fakultas ekonomi dan bisnis.

Ketua Tim Kerja Zona Intergitas, Otniel Safkaur, SE., Ak., M.Si. Meminta dukungan dari semua pihak untuk dapat berpartisipasi agar berbagai hal yang harus dibenahi berdasarakan penilaian tahun lalu ada peningkatan di tahun 2022 ini. Tim kerja terbagi dalam 6 area penguatan untuk memenuhi kriteria penilaian menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

SOT Ketua SPI , Dr. Meinarni Asnawi,S.E.,M.Si., CBV.,CMA. menjelaskan bahwa Zona Integritas Perguruan Tinggi di tahun 2019, hanya ada 50 yang terpilih dari 175 perguruan tinggi. Penilaian terhadap 50 perguruan tinggi itu hanya meluluskan 9. Penilaian akhir untuk menetapkan Wilayah Bebas Korupsi hanya diberikan kepada 1 perguruan tinggi yaitu Politeknik Negeri Bandung.

Tahun 2020 Uncen mengikuti progam zona integritas dengan mengusulkan Fakultas Ilmu Keolahragaan namun ditolak oleh unit penilai Zona Integritas karena tidak memenuhi 9 kriteria. Dari 9 fakultas yang ada di Uncen, FEB dinilai memenuhi 9 kriteria untuk menjadi rule model zona integritas bagi universitas. Pada tahun 2021 nilai ZI-FEB hanya kurang 4 angka untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi, ungkap Dr. Menarni.

Ketua SPI melihat slogan Berani Jujur Hebat pada tema sosialisasi ini, kalimat ini mengarah pada apa yang kita impikan, apa yang kita lakukan dan apa yang kita inginkan harus sejalan dengan apa kata Tuhan.  Jadi kalau ada melihat sesuatu yang tidak benar sesuai aturan silahkan dilaporkan. Hal ini menegaskan bahwa zona integritas benar-benar dilakukan.

Materi sosialisasi yang diberikan mencakup enam area yang akan dinilai dalam zona integritas ini. Keenam area itu adalah Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajeman SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Secara bergantian masing-masing koordinator area memaparkan materi tentang hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar tujuan menjadikan Zona Integritas WBK dan WBBM Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat terwujud.

Jhon Urasti Blesia, S.E., M.Prof.Acc., Ph.D. sebagai Sekretarius Tim Kerja ZI FEB Uncen mejelaskan tentang penilaian yang diperoleh pada tahun 2021. Tim Irjen Dikti melakukan evaluasi dengan memberikan skor awal pada bulan Juni 2021. Kemudian ada waktu yang diberikan untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

Jhon menambahkan bahwa Tim kerja ZI bekerja hingga Desember 2021 untuk melakukan perbaikan setiap kekurangan berdasarakan masukan dari tim Irjen. Setelah perbaikan skor yang diberikan 71,24 dari akumulasi nilai manajemen perubahan, area pengawasan, area layanan publik dan dua area lainnya. Di tahun 2022 ini ada optimis peningkatan nilai yang signifikan terutama pada area layanan publik karena Bagian Humas dan Kerjasama Uncen telah bekerja dengan sangat baik untuk memberikan informasi yang dibutuhkan, ungkapnya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Ferdinand Risamasu, S.E., M.SC., Agr. para pembantu dekan, para koordinator area zona integritas, dosen dan pegawai serta mahasiswa di lingkungan fakultas. Dihadiri juga beberapa pejabat dari Kemendikbud Ristek yang mengikuti secara daring. ***

(yt)

Tags