REKTOR UNCEN MEMANTAU HARI PERTAMA PELAKSANAAN UTBK 2022 DI TIGA LOKASI

Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T.,M.T memantau langsung pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Selasa (17/5/2022). Rektor didampingi oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik  Dr. Oscar. O. Wambrauw,SE.,M.Sc., Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan  Dr. Jonathan K. Wororomi, M.Si dan Pembantu Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Arung Lamba, S.E., M.Si, serta Koordinator akademik Chris Jan Rumsano, S.Pd.,M.Si. Rektor Uncen mengunjungi lokasi tes UTBK di Gedung UPT. Komputer (Puskom), Fakultas Ekonomi & Bisnis, dan Fakultas Teknik.

Uncen  ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai salah satu Pusat UTBK PTN di Indonesia yang menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer. UTBK di Uncen dilaksanakan dalam dua gelombang, Gelombang  pertama mulai 17 – 23 Mei 2022 dan Gelombang  kedua dilaksanakan 28 Mei – 3 Juni 2022, diikuti  1976 peserta.

Rektor Uncen. Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T.,M.T  mengatakan bahwa dirinya ingin memastikan ujian berjalan lancar, semua pengawas hadir, perangkat komputer dan server berfungsi dengan baik serta jaringan internet juga dapat diakses dengan baik. Selain itu unsur-unsur panitia dalam menjalankan tugas dengan fungsinya terutama memastikan proses UTBK – SBMPTN berjalan tanpa hambatan. Rektor menambahkan di Puskom ada 4 ruang yang dilayani oleh 2 server, hal ini untuk menghindari terjadinya gangguan seperti yang terjadi pada tahun lalu.

Pada pelaksanaan UTBK Gelombang I, di hari pertama ujian dari sesi 1 dan sesi 2 jumlah peserta adalah sebanyak 240 orang, 200 orang tercatat mengikuti ujian, sementara peserta yang tidak hadir sebanyak 40 orang, terang Arlius Abisay selaku koordinator pelaksanaan kegiatan.

UTBK dilaksanakan juga di lima daerah yang telah bermitra dengan uncen akan dimulai pada hari Jumat 20 Mei. Kelima mitra itu adalah Mimika. Wamena, Nabire, Biak dan Yapen .

Pusat UTBK Uncen menerapkan protokol kesehatan bagi peserta yang mengikuti UTBK.  Seluruh peserta harus dalam keadaan sehat dan suhu normal, menerapkan 3M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan kerumunan). Seluruh lokasi ujian juga dilengkapi dengan thermogun, handsanitizer dan wastafel. Tata ruang UTBK diatur sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar peserta.

 Pelaksanaan ujian hari pertama di Uncen  berjalan lancar, tertib dan aman. Selamat kepada peserta ujian test masuk perguruan tinggi, tetap fokus dan tenang serta tak lupa berdoa. ***

(Yani; ed. Tanti)

Tags