Persiapan Pelaksanaan UTBK Bagi Calon Mahasiswa Baru

Kamis,12 Mei 2022. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan metode  dari jalur SBMPTN akan berlangsung tanggal 17 – 23 Mei 2022. Panitia Pelaksana dari Universitas Cenderawasih memantapkan kesiapan para pengawas dan operator IT dengan sosialisasi petunjuk teknis pelaksanaan.

Sosialisasi berlangsung di ruang komputer gedung Puskom Uncen dan dibuka oleh Purek I yang juga sebagai Ketua Panitia, Dr. Oscar O Wambrauw, SE. M.Sc.,Agr. Dalam arahannya, beliau mengharapkan pemahaman yang baik tentang tugas dari pengawas dan operator IT dalam UTBK nanti.  Selain itu koordinasi dengan mitra seperti Telkom sebagai penyedia layanan internet, PLN untuk pasokan listrik agar tidak terjadi pemadaman, serta keberadaan aparat kemanan agar ujian berlangsung dengan baik, semua harus dimantapkan koordinasinya sebelum hari pelaksanaan ujian.

Pengarahan persiapan UTBK di Jayapura dan di 5 kota lain (Timika, Wamena, Biak, Nabire dan Serui) disampaikan oleh Koordinator TIK Jhon Alvin Samori, S.E., M.M tentang gambaran umum sistem UTBK SBMPTN 2022 menyangkut tugas Koordinator TIK, Admin Server dan Teknisi Ruangan.

Selanjutnya Petunjuk Teknis Pelaksanaan UTBK dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) disampaikan oleh Lukanus Issa, S.E.,M.M selaku Koordinator Pelaksana. Materi terakhir oleh M.Said, S.E. Koordinator admin server yang menjelaskan bagaimana teknisi ruangan ( pengawas dan operator IT) dapat memahami dengan baik tugas dan fungsi masing-masing selama ujian berlangsung.

Operator IT di 5 kota selain di Jayapura telah mengkonfirmasi kesiapan mereka untuk pelaksanaan UTBK tahun ini. Secara teknis tidak ada perubahan dari format UTBK tahun-tahun sebelumnya, sehingga memudahkan para teknisi ruangan mengawasi jalannya ujian.

Sosialisasi dan pengarahan persiapan UTBK ini digelar secara daring dan luring. Para pengawas dan operator IT di kota jayapura hadir di Puskom, sedangkan petugas di daerah mengikuti melalui aplikasi ZOOM. ***

(yt)

Tags