Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022, Uncen Sosialisasikan Seleksi JMSB

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022-2023 telah melewati seleksi jalur SNMPTN dan SLSB (Lokal). Setelah penetapan hasil kedua seleksi itu, Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Cenderawasih mulai melaksanakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri. Sosialisasi jalur mandiri yang lebih dikenal dengan Jalur Masuk Seleksi Bersama (JMSB) sudah dilakukan di beberapa kabupaten di Papua mulai tanggal 22 April sampai tanggal 27 April 2022.

Perguruan Tinggi Negeri di Papua selain Uncen,  ada juga Universitas Musamus Merauke dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Papua. Sehingga sosialisasi ini perlu dilakukan oleh Biro BAAK Uncen melalui informasi yang disampaikan langsung ke daerah. Informasi itu berupa pengumuman yang disiarkan oleh Lembaga Penyiaran Publik RRI setempat, baliho yang dipajang di lokasi yang dapat dibaca oleh masyarakat dan informasi melalui leaflet.

Informasi yang disampaikan terpusat di beberapa kabupaten yaitu Timika, Wamena, Nabire, Yapen, Biak, Sarmi, Keerom dan Kabupaten Jayapura. Biro BAAK telah mengirim beberapa staf untuk melaksanakan sosialisasi tersebut. Tim juga diberi tugas untuk memastikan tersedianya ruangan untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur SBMPTN yang akan berlangsung pada bulan Mei 2022.

Plt. Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Chris Jan Rumsano, S.Pd.,M.Si yang ditemui humas Uncen menjelaskan bahwa sosialisasi harus dilakukan agar masyarakat mendapat informasi yang bermanfaat. Baliho yang terpasang akan menjadi informasi lalu akan disampaikan bagi keluarga yang anaknya akan melanjutkan ke perguruan tinggi. “Ketika SNMPTN dan jalur SLSB (lokal) sudah ditetapkan hasil penerimaan, ternyata masih ada kesempatan melalui jalur JMSB. Selain dari baliho ada leaflet yang dibagikan bahkan informasi melalui siaran RRI setempat”, ungkapnya.

Dolfi Msiren staf BAAK yang bertugas di Kabupaten Biak mengatakan bahwa timnya telah melaksanakan  sosialisasi di SMA Negeri 1 Biak dan memonitor kesiapan pelaksanaan UTBK pada bulan Mei dan ujian tulis JMSB pada bulan Juli. dilanjutkan dengan publikasi informasi penerimaan mahasisawa baru JMSB ini ke RRI Biak. Dirinya berharap masyarakat dapat memanfaatkan informasi pada baliho yang telah dipajang di depan SMA Negeri 1 dan persimpangan jalan depan Kantor Bupati  Biak.

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Uncen melalui JMSB dimulai tanggal 13 Juni sampai 30 Juni 2022. Pelaksanaan ujian akan berlangsung pada tanggal 7 dan 8 Juli 2022. Lokasi Ujian peserta dari Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi akan terpusat di Universitas Cenderawasih. Ketiga kabupaten ini berdekatan dengan Kota Jayapura dan ada akses transportasi darat. Lokasi Ujian di daerah Timika, Wamena, Nabire, Yapen dan Biak adalah pada SMA Negeri 1 pada setiap kabupaten tersebut.

Sesuai dengan arahan Rektor saat memimpin apel di lingkungan rektorat hari Senin, 25 April 2022 agar informasi mengenai pelaksanaan JMSB harus dilakukan secara masif melalui sosial media, maka humas Uncen juga telah mengupload informasi tersebut di instagram dan facebook. ***

(yt)