23 Mahasiswa MKP UNCEN Studi Literatur Di Universitas Hasanuddin

Studi literatur dalam penulisan tesis sangat dibutuhkan oleh mahasiswa Prodi Magister Kebijakan Publik Pascasajana Uncen. Untuk itu Universitas Hasanuddin Makassar dipilih untuk menjadi lokasi studi literatur tersebut.

23 mahasiswa MKP Uncen angkatan XII Dipimpin Direktur Pascasarajana Uncen, Prof.Dr. Akbar Silo, MS dan didampingi oleh Ketua Prodi Magister Kebijakan Publik, Dr. Nuraeda diterima Dekan FISIP UNHAS, Prof.Dr. Amin, M.Si di aula FISIP. Senin, 10 Januari 2022.

Prof. Akbar Silo menyampaikan terima kasih kepada Dekan Fisip Unhas beserta jajarannya yang sudah menerima kedatangan mahasiswa S2 MKP Uncen untuk melaksanakan studi literatur selama dua hari 10-11 Januari 2022.

Ini merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa kami untuk reorientasi akademik atau Benchmarking (tolak ukur) sehingga dapat meningkatkan kapasitas dalam penulisan tesis serta memperoleh referensi tambahan juga wawasan keilmuan, ungkapnya.

Kami memilih melakukan studi banding di UNHAS sebab ada banyak dosen yang sudah pakar pada bidang ilmunya masing-masing, sehingga kami tidak meragukan itu lagi. Benchmarking tersebut juga sudah kami sepakati pada perjanjian kerjasama antara UNCEN dan UNHAS beberapa waktu lalu,  ungkap Prof. Akbar.

Dalam sambutan selamat datang sekaligis membuka dengan resmi kegiatan studi ini, Dekan Fisip Unhas merasa senang dan bangga sebab 23 mahasiswa S2 MKP Uncen melaksanakan studi banding di kampus yang dipimpinnya. Kegiatan tersebut akan menambah angka kredit bagi fakultas juga di tingkat  universitas.

Lebih lanjut Prof. Amin mengatakan bahwa Benchmarking adalah langkah terbaik untuk pengembangan wawasan bagi mahasiswa untuk melakukan penulisan tesis yang benar.

Kegiatan studi literatur pada hari pertama berupa  pembekalan  dengan materi  kebijakan publik dalam bidang pembangunan daerah dan otonomi daerah. Dilanjutkan dengan kebijakan publik dalam bidang kependudukan ketenagakerjaan dan gender. Materi ketiga tentang kebijakan publik dalam bidang tata kelola pemilu.

Di hari kedua, mahasiswa Angkatan XII MKP Uncen melakukan penelusuran referensi ilmiah online dan offline. Pada hari ketiga dilaksanakan kunjungan lapangan ke DPR Kota Makassar dan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum Kota Makassar.

Kegiatan tersebut  diikuti oleh, Dr. Phli Sukri, M.Si, Wakil Bidang  Akademik Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Muh Akmal Ibrahim, M.Si Kepala Departemen Ilmu Adminitrasi S3 dan Dr. Nuraeda, Ketua Prodi Magister Kebijakan Publik Universitas Cenderawasih.

(MS)