UnKhair Ternate Jalin Kerjasama dengan Uncen

Jumat, 1 Oktober 2021. Rektor Universitas Khairun Ternate Dr. M.Ridha Ajam, M.Hum dan beberapa stafnya hadir di Universitas Cederawasih dan diterima oleh Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, S,T.,M.T didampingi Pembantu Rektor I dan IV. Pertemuan ini untuk melakukan kerjasama antara kedua perguruan tinggi untuk pertama kalinya.

Dalam sambutannya, Rektor Khairun mengakui bahwa hari ini adalah pertama kalinya ada kerjasama antara dua perguruan tinggi ini. Kalau selama ini hubungan Maluku Utara dan Papua sudah terjalin hanya secara emosional lewat kultural, maka mulai sekarang ada hubungan di bidang pendidikan dan pengembangan perguruan tinggi. Kerjasama ini akan berbicara tentang peran perguruan tinggi dalam kaitannya dengan dua wilayah yang mempunyai sejarah yang panjang. Dari aspek akademik maka kita bisa memberikan  suatu manfaat yang lebih dari hubungan yang sudah ada jauh sebelumnya, ujarnya.

Dr. M. Ridha juga menambahkan bahwa kedepannya perlu ada kegiatan bersama dari beberapa perguruan tinggi di wilayah Indonesia Timur. Kegiatan yang dimaksud terkait dengan bagaimana memperkuat intergritas nasionalisme di wiliyah kita sendiri. Selama ini selalu ada istilah pendekatan secar kultural, saatnya kita melakukan pendekatan secara akademik.

Rektor Uncen Dr. Apolo pada kesempatan itu membenarkan bahwa memang ada hubungan emosional antara Papua dan Maluku Utara. Secara khusus daerah Ternate dan Tidore ada hubungan yang berdasarkan historical background, historical konteknya berdasarakan bukti-bukti sejarah yang tingkat akurasi dan vadilitas sangat terpercaya.

Kedua wilayah ini memiliki hubungan kebudayaan yang sangat dekat. Oleh karena itu kehadiran rektor unkhair dan jajarannya sangat tepat untuk kita kembali melakukan konsilidasi meningkatakan kerjasama. Kekerabatan dan kekeluargaan yang sudah dibangun oleh leluhur kita harus kita jaga dan tingkatkan, ungkap rektor uncen.

Dalam usaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas akademik, maka kita di uncen terus meningkatkan SDM, juga meningkatkan sarana dan pra sarana penunjang. hal yang sama tentunya dilakukan oleh universitas lainnya termasuk unkhair. Untuk itu kita harus bekerjasama, semoga ini adalah awal yang baik dari hubungan kerjasama ini. Rektor Uncen juga berkeinginan untuk bisa berkunjung ke Universitas Khairun Ternate, kami akan jadwalkan agar ada waktu yang tepat untuk berada di Kota Ternate, tuturnya.

Kerjasama yang berlangasung di ruang rapat pimpinan ditandai dengan penandatangan MoU oleh kedua rektor . Penandatangan disaksikan oleh Pembantu Rektor I dan IV dari Uncen, Kepala BAUK dan Ketua YKPP Tanah Papua. Disaksikan juga oleh Wakil Rektor III Universitas Khairun Ternate dan beberapa staf yang mendampingi. Serta beberapa pejabat dan staf di lingkungan rektorat Uncen. ***

(yt)

This website uses cookies to enhance your browsing experience.