Dr. Mesak Iek Pimpin FEB 2 Periode

Kamis, 30 September 2021. Senat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Cenderawasih yang menerima hasil kerja panitia pemilihan dekan menetapkan Dr. Mesak Iek, S.E.,M.Si sebagai dekan periode 2021-2025. Penetapan tanpa proses pemilihan karena hanya ada satu calon yang diusulkan. Penetapan ini berlangsung dalam Rapat Senat Fakultas yang dipimpin oleh Prof. Dr. Drs. Hasan Basri Umar,MS. Rapat dilaksanakan secara online dan offline.

Ketua Panitia Pemilihan, Marsi Adi Purwadi, S.E., M.Si mengatakan bahwa panitia sudah bekerja sesuai arahan rektor untuk melakukan penjaringan, pendaftaran, penyampaian visi misi dan pemilihan. “Menurut kepangkatan dan gelar ada tiga belas nama yang kami temukan namun dari jumlah itu ada beberapa yang bergelar professor sudah berusia 60 tahun, sehingga mereka tidak masuk dalam proses penjaringan”, ujarnya.

Selanjutnya Marsi Adi menjelaskan bahwa tersisa tujuh nama yang memenuhi syarat, sehingga pihaknya mengirimkan kelengkapan persyaratan kepada mereka. Pada batas waktu pendaftaran yaitu tanggal 18 September, hanya ada satu orang yang menyatakan bersedia mencalonkan diri dengan menyerahkan semua kelengkapan persyaratan yang sudah diterimanya.

Berdasarkan peraturan rektor No.343 tahun 2021 tentang pemilihan dekan yang menekankan bahwa minimal ada dua calon yang diusulkan, maka kami membuka pendaftaran yang kedua sampai tanggal 30 september, kata Marsi. Hasilnya tetap sama hanya ada satu orang yang mencalonkan diri. Kami sebagai panitia tetap mengusulkan kepada senat untuk proses pemilihan. Dengan keputusan senat fakultas maka Dr. Mesak Iek yang adalah calon tunggal ditetapkan sebagai Dekan FEB periode 2021-2025.

Dr. Mesak Iek usai ditetapkan sebagai dekan oleh Senat Fakultas, mengatakan bahwa dengan kepercayaan yang diberikan untuk memimpin FEB satu periode lagi, maka visinya untuk terwujudnya fakultas yang cerdas melalui 19 program arah kebijakan dan program-proram utama. Salah satu program utamanya adalah meningkatkan kapasitas tenaga pendidik dan pegawai di FEB. Dengan peningkatan kapasitas ini, maka akan berdampak kepada mahasiswa kita di ekonomi. Proses belajar mengajar akan semakin baik, pelayanan akademik bagi mahasiswa juga akan semakin baik. itu adalah sasaran besar program kita, ungkapnya.

Menurutnya dosen senior akan kita tingkatkan kapasitas dengan pelatihan dan hal-hal yang lebih mengarah kepada peningkatan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Begitu juga dengan pegawai akan diberikan pelatihan-pelatihan. Yang jelas ada perubahan mindset dimana berbagai kekurangan periode lalu akan kita perbaiki untuk kemajuan fakultas ini.

Rapat Senat ini diikuti oleh 21 orang anggota senat baik secara offline maupun online dari jumlah 24 anggota. ***

(pw/yt)