Uncen Jalin Kerjasama Dengan UPH, Siloam Hospital Dan RSUD Abepura

 

Universitas Cenderawasih jalin kerjasama dengan Universitas Pelita Harapan (UPH), Siloam Hospitals Lippo Village dan Rumah Sakit Umum Daerah Abepura. Kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Dirjen Dikti 27 Maret lalu yang bertujuan untuk melakukan pengembangan pendidikan dan penelitian dibidang kedokteran, pelayanan bagi masyarakat Papua dan implementasi kebijakan Kampus Merdeka.

Jalinan kerjasama ini tertuang dalam penandatangan naskah MoU yang dilakukan di ruang rapat senat, Rektorat Universitas Cenderawasih, Rabu (14/4/2021). Hadir dalam acara penadatangan MoU Pembantu Rektor IV bidang kerjasama, mewakili Rektor Uncen (Dr. Fredrik Sokoy, S. Sos,M.Sos), para pimpinan unit kerja dilingkungan Universitas Cenderawasih, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan Prof. Dr. dr. Eka J. Wahjoepramono, Sp.BS (mewakili Rektor UPH dan Direktur Siloam Hospital Lippo Village), Wakil Direktur Pelayanan RSUD Abepura, dr. Leonora Komboy, M.Kes (mewakili Direktur RSUD Abepura) dan tim dokter spesialis bedah saraf Siloam Hospital Lippo Village.

Prof. Eka dalam sambutannya mengatakan bahwa MoU ini dilatar belakangi ketika beliau berkunjung bersama Dirjen Dikti ke pedalaman Papua, Maret lalu dan tersentuh hatinya ketika melihat mirisnya pelayanan kesehatan disana. Kerjasama ini merupakan kontribusi yang diberikan bagi Papua, dengan harapan Papua segera maju tanpa meninggalkan kearifan sosialnya. Prof. Eka menambahkan, dalam MoU ini juga menggandeng Siloam Hospital yang merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang terakreditasi internasional sehingga dapat dijadikan contoh standar rumah sakit di Papua.

Sementara itu PR IV, Dr. Fredrik Sokoy,S.Sos,M.Sos mewakili Rektor Uncen dalam sambutannya mengungkapkan kekagumannya pada tim dari UPH dan Siloam Hospitals yang memiliki niat mulia untuk bersama-sama membangun Papua khususnya dalam bidang kesehatan. “Uncen akan terus menopang dan memberikan dukungan yang maksimal karena Uncen sangat berharap banyak dari MoU ini”, tambah beliau.

Selanjutnya MoU yang merupakan bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi dalam pengembangan sumber daya manusia ini akan segera ditindak lanjuti dan diturunkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama (PKS) agar tim dapat bergerak cepat dan maksimal. (Humas/ HH/ PW)

This website uses cookies to enhance your browsing experience.