Upaya Selamatkan Lingkungan, WALHI Teken Kerjasama Dengan Universitas Cenderawasih

Universitas Cenderawasih dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Papua, melakukan penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama untuk membentuk kelompok pecinta lingkungan hidup di tingkat mahasiswa, sebagai bagian dari membangun gerakan penyelamatan ekosistem di tanah Papua. Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan Direktur Eksekutif Daerah Walhi Papua, Maurits J. Rumbekwan dan Rektor Universitas Cendrawasih Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT di lantai III gedung Rektorat Uncen, Jumat (6/3).

Direktur Eksekutif Daerah Walhi Papua, Maurits J. Rumbekwan, mengatakan secara kelembagaan Walhi Papua melihat pembenahan isu lingkungan tidak bisa dikerjakan sendiri, sehingga Walhi menilai Kampus Uncen sebagai mitra yang strategis untuk memulai kerja sama yang dikhususkan untuk mengedukasi mahasiswa dalam memerangi isu global saat ini. “Kerja sama ini sifatnya mengedukasi kepada mahasiswa mengatasi situasi krisis di indonesia khususnya di Papua, dan dengan harapan kerja sama ini bisa dilakukan dengan kampus lainnya juga”tambah beliau.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Cendrawasih Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST,MT dalam sambutannya mengatakan dengan berjalannya waktu, sumber daya alam akan terus menurun baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya, maka disaat yang bersamaan, civitas akademika Uncen, harus meningkatkan kompetensi. “Kerja sama Walhi dengan Uncen diharapkan bisa merumuskan masalah bersama, mengunakan sumber daya bersama untuk menyelesaikan persoalan masyarakat, kajian tentang lingkungan sangat penting untuk melindungi hutan (alam) Papua. Terutama dalam pembangunan infrastruktur di tanah Papua.” kata beliau. Diakhir sambutannya Rektor Uncen juga menyampaikan terimakasih karena Walhi Papua karena berkenan melakukan kerjasama dengan Uncen untuk mengidentifikasi masalah lingkungan yang terjadi di Papua, yang rencana nya akan dirumuskan bersama dalam diskusi atau FGD untuk mencari solusi bersama.

Adapun maksud dari isi nota kesepahaman antara Uncen dengan Walhi Papua adalah untuk menyelaraskan program kegiatan bersama dalam upaya pengembangan potensi para pihak dan tujuannya adalah untuk meningkatkan sinergitas potensi sumber daya yang dimilik para pihak untuk mewujudkan visi dan misi para pihak (HH).

Tags
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.