Kerjasama Dan Kolaborasi Meningkatkan Pemahaman Berpolitik Dalam Mengawal Pemilu Yang Berintegritas

Bawaslu Kota Jayapura hadir di kampus FISIP Universitas Cenderawasih dalam rangka penandatanganan kerjasama, launching website sekaligus memberikan kujliah umum bagi mahasiswa prodi Ilmu Pemerintahan. Kegiatan berlangsung di aula FISIP kampus waena. Rabu, 11/3/2020.

Pembantu Dekan II FISIP, Dr. Simon Abdi K Frank, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Jayapura merupakan langkah awal yang baik bagi FISIP Uncen, sehingga mahasiswa khususnya program studi ilmu pemerintahan dapat memahami lebih jauh tugas pokok Bawaslu dalam mengawal pelaksanaan pilkada.

Selain melaksanakan kuliah umum kami juga melaksanakan penandatangan kerjasama, antara Prodi Ilmu Pemerintahan dengan Bawaslu kota Jayapura. Hal ini menjadi harapan kami sejak lama, namun baru terlaksana saat ini. Kerjasama Ini merupakan jenis pendidikan fokasi karena pada perguruan tinggi program studi juga membutuhkan pihak terkait untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, ujar Dr. Abdi.

Kerjasama antara Bawaslu dan Uncen akan menjadi kolaborasi dalam mensukseskan pilkada di Tanah Papua. Kolaborasi ini juga penting untuk mengidentifikasi berbagai macam isu-isu setelah pelaksanaan pilkada.

Hari ini juga ada peluncuran website prodi ilmu pemerintahan. Dari website ini mahasiswa dan masyarakat bisa mengikuti perkembangan yang ada di prodi ilmu pemerintahan.

Ketua Bawaslu Kota Jayapura, Frans J Z. Rumsarwir mengatakan bahwa  kuliah umum dan kerjasama yang dilaksanakan ini dengan tujuan agar kedua lembaga ini bisa saling berbagai ilmu pengetahuan dalam bidang pemerintahan.

Menurut Frans Bawaslu sudah melaksanakan kerjasama selama 3 tahun dengan enam perguruan tinggi di kota Jayapura, Uncen termasuk di dalamnya yaitu fakultas hukum namun itu lebih kepada bagian-bagian hukum.

Usai melaksanakan MoU, ketua bawaslu, Frans JZ. Rumsarwir bersama Dr. Renida Toroti dan Drs. Untung Muhdiarta secara bergantian memaparkan materi  kuliah  yang dipandu oleh moderator Mulyadi Anangkota.

Ketua Bawaslu, Frans JZ. Rumsarwir membawakan materi tentang ’’ Bawaslu Kota Jayapura Mengawal Pemilu Yang Beritegritas’’.  Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, Dr.Renida J Toroby menyampaikan materi ’’Reposisi Kelompok Marginal Perempuan Dalam Penguatan Partisipasi Politik’’.

Ketua Labolatorium Ilmu Politik, Dr.Untung Muhdiarta tampil dengan materi yang menguatkan tugas bawaslu yaitu tentang ’’Pengawasan Pemilu Menuju Pemilu Yang Berintegrasi’’.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan Bawaslu Kabupaten Jayapura, mahasiswa Universitas Yapis Papua, mahasiswa fakultas hukum Uncen, mahasiswa FISIP serta dosen di lingkugan prodi ilmu pemerintahan.

(MS/PW)

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.