Sosialisasi Sistem Informasi Perencanaan Pegadaan Barang Dan Jasa, (SiRenBaja)

Bagian perencanaan Universitas Cenderawasih  mengadakan sosialisasi SiRenBaja yang merupakan Aplikasi yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Sosialisasi  berlangsung di ruang rapat senat gedung rektorat,. Selasa, 11/02/2020.

Pembantu Rektor II, Prof.Dr.Arung Lamba, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa sosialisasi ini dalam rangka menselaraskan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai Peraturan Kemendikbud No.45 Tahun 2019 tentang Organisasi Tata Kelola (OTK) dan menindaklanjuti surat edaran Sekretaris Jendral Kemendikbud No.5 Tahun 2019 tentang percepatan perencanaan pengadaan barang/jasa Tahun 2020 di lingkungan Kemendikbud.

Pada Oktober Tahun 2019 telah dilounching aplikasi baru Kemendikbub yang diberi judul (SiRenBaja) Sistem Informasi Perencanaan Pegadaan Barang Dan Jasa, maka kita bersama-sama harus mengikuti arah kebijakan dari Kementerian / Lembaga melalui dana APBN, ujar Prof. Arung.

SiRenBaja membantu untuk mengentri semua jenis belanja, baik belanja pegawai, bahan modal dan bahan bangunan yang ada dalam satker perguruan tinggi (PTN) yang akan dimasukan (input) dalam aplikasi. Mulai dari proses penyusunan rencana kerja Kementerian / Lembaga setelah penetapan pagu indikatif dan perencanaan pengadaan sebagai bahan masukan penyusunan RKA K/L.

Pada prinsipnya pengadaan barang dan jasa berpatokan pada delapan prinsip yaitu, kebutuhan sesuai, kualiatas, efisien, akuntabel, harga kewajaran, tepat waktu, persaingan sehat dan kepatuhn hukum yang ada dalam Peraturan Presiden, Peraturan Menteri maupun peraturan lainnya seperti Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sosialisasi ini diikuti oleh para dekan, direktur pascasarjana, pembantu dekan, ketua lembaga, kepala UPT, kepala biro, kabag kasubag, para bendahara unit kerja, operator unit dan operator fakultas.

Materi pertama untuk Pengenalan Aplikasi SiRenBaja dibawakan oleh Marthinus Marvi Itaar, SH., M.AP.  Materi kedua tentang Perencanaan dalam sisitem ini disampaiakan oleh Jeffrey Tan Sawaki, S.Sos.  Kedua Narasumber dibantu  oleh operator  Risdiyanto, Amd.Sos dan Helllen, S.E.   (ms)

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.