Sidang Terbuka Promosi Doktor

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor yang berlangsung di aula FEB Uncen, 10/02/2020, Sidang ini diberikan kepada Promovendus Gema Iriyanti Kore, S.Hut.,M.Ec.Dev dengan judul Disertasi “ Analisis Optimalisasi Pengelolaan Aset Daerah Dalam Penigkatan Pendapatan Asli Daerah Guna Mewujudkan Kemandirian Fiscal Daerah Di Provinsi Papua ’’.

Sidang dipimpin langsung oleh Dekan FEB, Dr. Mesak Ick, S.E.,M.Si, didampingi oleh Prof. Dr. Hasan Basri Umar, S.E.,M.S (Ketua Program Doktor Ilmu Ekonomi) juga selaku Promotor, Dr. Elsyan Marlissa, S.E.,M.Si (Co Promotor), Dr.Risky Novan Ngutra, S.E.,M.si (Co Promotor),

Tim Penguji terdiri dari Prof. Dr.Arung Lamba, S.E.,M.Si dan Dr. Drs. Thobby Wakarmamu, S.H.,M.Si (Penguji Internal) serta Dr. Ridwan Rumasukun, S.E.,M.Si (Penguji Eksternal).

Gema Iriyanti Kore  mengatakan bahwa disertasi ini merupakan sebuah analisis strategis penataan aset dengan baik, aset yang dimaksud itu terbagi menjadi dua yaitu, 1. Aset untuk tupoksi. 2. Aset yang tidak termanfaatkan, yang akan dikembangkan dalam badan usaha milik daerah (BUMD). Dari berbagai macam aset yang dimiliki oleh pemerintah provinsi salah satunya adalah rumah dinas. Banyak pegawai yang sudah purna tugas tetap menempati rumah dinas, hal ini tidak boleh terjadi namun harus dikembalikan supaya bisa bermanfaat bagi PNS yang masih aktif sehingga bisa menunjang pelayanan pemerintah.

Gema Iriyanti Kore dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude oleh pimpinan sidang karena mampu mempertahankan disertasinya dengan baik di hadapan penguji. Disertasi yang telah diuji dan dipertahankan dengan tujuan hasil disertasi ini sebagai bahan penelitian yang dapat memberikan sumbangan keilmuan dan pengetahuan serta informasi dalam bidang ilmu ekonomi secara khusus kepada pemerintah Provinsi Papua. Masyarakat Papua juga mendapat informasi tentang pendapatan asli daerah (PAD) dan kemandirian fiskal di Provinsi Papua.

Prof. Dr. Hasan Basri Umar, S.E.,M.S. sebagai ketua program doktor ilmu ekonomi dan promotor menyampaikan selamat atas gelar Doktor yang diraih Gema Iriyanti Kore, yang dalam kesibukan sebagai pegawai di Pemprov Papua yang bekerja di Badan Keuangan dan Aset Daerah dapat menyelesaikan studi tepat tiga tahun. Walaupun dalam konsultasi penyelesaian disertasi ada banyak koreksi untuk perbaikan namun dengan semangat yang jelas terlihat pada promovendus. Selaku promotor memberikan apresiasi yang tinggi bagi mahasiswanya, ujar Prof. Hasan.

Usai Sidang Promosi, Dr. Gema yang diminta komentar mengenai hasil ujian mengatakan bahwa dirinya sangat siap untuk melaksanakan ujian tersebut, sehingga dirinya juga bersyukur bisa mendapatkan dosen pembimbing yang baik  demikian juga para penguji yang kritis melihat disertasi yang dibawakan. Hasil kelulusan dengan predikat cumlaude adalah suatu pencapaian yang tidak disangka karena ini jenjang program doktor, ujar Gema yang pernah menjabat sebagai salah satu Kepala Bidang di Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Papua. ***

(MS)

Tags
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.