Seminar Integritas

Menyongsong Dies Natalies ke-75 Universitas Cenderawasih, Career Development Center (CDC) Uncen melaksanakan seminar tentang Integritas. Pembicara dalam seminar ini adalah Prof. Dr. Berth Kambuaya, M.BA dan Michael Jhon Yerisitouw, S.Si. Seminar berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Selasa- 5/11/2019.

Dengan tema seminar “Membangun Budaya Integritas Era Digital” kedua pembicara membawakan materi berdasarkan pengalaman hidup dan karir masing-masing untuk menterjemahkan apa itu integritas terkait dengan budaya dan perkembangan jaman yang saat ini dikenal dengan era digital.

Perjalanan karir yang gemilang dari menjadi dosen, dekan dan rektor selama dua periode kepemimpinan, menjabat sebagai Komisaris Utama di Bank Papua sampai  menjadi Menteri Lingkungan Hidup pada tahun 2012, merupakan hasil dari integritas diri yang selalu dikedepankan. Integritas yang kuat merupakan pilhan dan keputusan yang dibuat sejak kecil. “Life is Choice, so your future is depend on your choice and decision made today”, ungkapnya.

Michael J Yerisitouw pada seminar ini membawa materi dengan judul Membangun Karakter Ala Milenial,  sebagai seorang aktifis pada masanya menjadi mahasiswa, Michael memperkuat wawasan berpikir dengan gemar membaca. Karena dengan banyak membaca akan ada banyak informasi dan pengetahuan yang didapat. Sehingga saat mengkritisi apapun dirinya punya data dan informasi yang valid. Hal ini merupakan salah satu karakter dirinya yang pada seminar ini membagi kepada peserta yang merupakan mahasiswa semester 1 sampai semester 5.

Karakter berpikir kritis yang dimiliki Michael tidak datang dengan sendirinya, namun melalui sebuah proses dengan banyak tantangan. Mike berpendapat bahwa kemauan yang kuat untuk menjadi pribadi yang lebih baik akan mengubah karakter buruk yang selama ini bercokol pada diri seseorang. Setiap orang mempunyai kuasa untuk mengendalikan dirinya untuk merubah apa yang menjadi kebiasaan negatif menjadi positif. Salah satu tantangan terberat bagi seseorang untuk menjadi pribadi yang berkarakter baik adalah “lingkungan”. Jika lingkungan akan mempengaruhi kepada hal buruk, maka sebaiknya tinggalkan lingkungan itu, saran Michael.

Anak muda saat ini dikenal dengan anak milenial yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam masyarakat dan Negara. Oleh karena itu Era Digital yang sudah mempengaruhi kehidupan dalam banyak aspek tidak disalahgunakan oleh kaum milenial. Namun dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi diri dan berkreatifitas untuk sebuah investasi masa depan. ***

(yt)

Tags
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.