Pelatihan “Master of Ceremony dan Protokoler” Di Lingkungan Universitas Cenderawasih

Bagian Humas dan Kerjasama Universitas Cenderawasih melaksanakan pelatihan Master of Ceremony (MC) dan Protokoler bagi staf unit kerja di lingkungan universitas. Pelatihan dilaksanakan di Gedung Rektorat Uncen – Kampus Waena, Kamis, 3 Oktober 2019.

Peran dan fungsi dari seorang pembawa acara atau Master of Ceremony (MC) dalam suatu acara resmi ataupun kedinasan sangat penting. Begitu pula tentang keprotokolan yang menyiapkan segala sesuatu untuk sebuah acara resmi atau kedinasan. Hal ini disampaikan oleh Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo safanpo, S.T., M.T saat membuka pelatihan ini.
Kegiatan pelatihan dalam rangka menyambut Dies Natalies Ke- 57 Universitas Cenderawasih diharapkan oleh Rektor dapat menjadi ilmu bagi para peserta agar dapat diaplikasikan pada acara di unit kerja masing-masing, dan juga bagi universitas ketika ada acara-acara resmi dapat dipersiapkan dengan baik sesuai prosedur keprotokolan dan kerja yang baik dari seorang MC yang memandu acara yang sudah disiapkan.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber yang sangat berkompeten pada bidang MC dan Protokler. Neni Herlina,S.Pd., M.Ap Kasubag Layanan Informasi Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, adalah seorang yang sangat memahami dan professional dalam tugas sebagai pembawa acara. Materi tentang Protokoler disampaikan oleh Rina Sarlotha Soro, S.E., M.M , Kasubag Acara Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua, seorang putri daerah Papua yang sangat memahami bidang keprotokolan.

Dengan demikian tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengoptimalkan peran Protokoler dan Master of Ceremony bagi kemajuan Universitas Cenderawasih dalam melaksanakan berbagi kegiatan resmi baik di tingkat universitas maupun di fakultas dan unit kerja.

Peserta pelatihan berjumlah 90 orang yang berasal dari semua unit kerja dan fakultas di Uncen yang juga melibatkan mahasiswanya. Mahasiswa dilibatkan pada pelatihan ini agar dapat mendukung jalannya kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan di fakultas masing-masing. (yt)

Tags