Jurusan Biologi, Universitas Cenderawasih Sukses Adakan Konferensi Internasional

Jurusan Biologi FMIPA, Universitas    Cenderawasih, sukses menyelenggarakan konferensi internasional dengan tema “Biodiversity, Local Wisdom, and Sustainable Development in the Digital Era”. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka bulan Dies Natalis ke 57.

Kegiatan berlangsung di Hotel Swissbell-Jayapura  pada Sabtu (19/10) dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang yang berasal dari tujuh negara yakni : Amerika Serikat , Jerman,Thailand, Malaysia, Kanada, Inggris,  dan Indonesia.  Kegiatan  dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor IV, Dr. Fredrik Sokoy, S.Sos., M.Sos mewakili Rektor Universitas Cenderawasih.

Wakil Rektor IV, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang bertaraf Internasional ini dan bangga akan kehadiran keynote speaker  dan peserta dari tujuh negara termasuk Indonesia yang datang untuk mempresentasikan hasil penelitian  dan pertukaran pandangan yang berhubungan dengan biodiversity (genetic, species and ecosystem), ethnology and social sciences also life sciences and technology.

Menurut beliau era baru sedang dimulai. Big Data telah merubah fokus dari penelitian kepada suatu  pendekatan sistem level menjadi hal yang menjanjikan untuk penemuan Biologi.

Indonesia khususnya Papua harus mampu mengantisipasi perubahan besar ini, langkah awal yang harus diambil adalah meningkatan kualitas SDM  dalam hal  Inovasi , kreativitas dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Ketua panitia, Dr. Lisye Zebua, dalam laporannya mengatakan bahwa Konferensi International yang diselenggarakan merupakan Konferensi International pertama yang dilakukan oleh Jurusan Biologi, hal ini merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga bagi para peneliti, para ahli Industri, para pembuat keputusan dan juga para stakeholder untuk saling berbagi pengalaman.

Beliau sangat mengapresiasi  kehadiran para pembicara yang datang dari berbagai  cabang ilmu pengetahuan dan berharap lewat konferensi ini berbagai aktivitas penelitian dapat didiskusikan.

Topik materi yang disampaikan para Narasumber antara lain :

  1. Fungi Diversity, dengan Nara sumber: Cherdchai, Ph.D;
  2. The Uncertain Future of Papua’s Biodiversity, dengan Nara sumber : Prof.H.C.Dr.Michael Muhlenberg;
  3. Carying Capacity of Aquaculture in Common Waters of Indonesia, dengan Narasumber : Prof. Michael A.Rice, Ph.D

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh beliau atas dukungan dari berbagai pihak antara lain, Budi Mulya Asih Commanditair Vennootschap, British Petroleum (BP), World Wild Fund (WWF) Papua Region, Papuan Bank and Local Government of Jayapura sehingga kegiatan konferensi  dapat berjalan dengan baik.

Sebelum mengakhiri acara pembukaan  kegiatan, juga dilaksanakan  penandatanganan Memorandum of Understanding antara  FMIPA-Uncen dengan University of Rhode Island kemudian MOU antara FMIPA-Uncen dengan Goettingen University dan MOU antara FMIPA-Uncen dengan Rhode Island University.

Tags
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.