Rektor Uncen Mewisuda 1.412 lulusan Program Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma Periode II tahun 2019

Universitas Cenderawasih mengadakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda lulusan Program Doktor, Program Magister, Program Sarjana dan Program Diploma Periode II tahun ajaran 2018/2019 pada Kamis (22/8/2019) di Gedung Auditorium Uncen Abepura.

Periode II tahun 2019, Uncen mewisuda sebanyak 1.412 Wisudawan-wisudawati yang terdiri dari 9 Fakultas dan Program Pascasarjana dengan rincian :

  1. Program Pascasarjana : 80    lulusan
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : 475  lulusan
  3. Fakultas Hukum : 103  lulusan
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : 46    lulusan
  5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis : 356  lulusan
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : 59    lulusan
  7. Fakultas Teknik : 108  lulusan
  8. Fakultas Kesehatan Masyarakat : 48    lulusan
  9. 9. Fakultas Kedokteran : 135  lulusan
  10. Fakultas Ilmu Keolahragaan : 2      lulusan

Dari 1.412 orang, lulusan yang memperoleh predikat Cumlaude, dengan indeks Prestasi Komulatif (IPK)  tertinggi adalah:

  1. RIZKY WISUDAWAN KATJONG

Program Magister Pada Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum,  IPK : 4,00

  1. FLYNN FRISCILLA MAWAR PUTRI

Program Strata Satu (S1) Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, IPK :  3,97

  1. DEBORA SARI MARITO NAINGOLAN

Program D3 Pada Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik,  IPK  : 3,87

 

Sejak berdiri pada tanggal 10 November 1962, Universitas Cenderawasih telah meluluskan total 71.983 lulusan.

Dalam sambutannya Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T.,M.T. menyampaikan bahwa saat ini kita memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan semua aktivitas digital pada semua sektor pembangunan.

“Oleh karena itu semua Perguruan Tinggi diminta untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, metode pembelajaran, materi pembelajaran dan media-media pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi dan mempunyai kompetensi tinggi”, ungkap Beliau.

“Untuk menjawab semua tantangan itu, dan untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi Uncen, maka Uncen terus menerus melakukan pengembangan dan peningkatan mutu SDM tenaga pendidik atau dosen, dengan mendorong dan memberikan kesempatan kepada para dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang Strata Tiga (S3) baik di dalam negeri maupun di luar negeri dan pengusulan guru besar atau professor.” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor juga memperkenalkan 12 orang Dosen yang telah menyelesaikan pendidikan Doktor serta memberikan penghargaan kepada 3 orang wisudawan-wisudawati yang memperoleh predikat Cumlaude dengan Indeks  Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi.

Gubernur Provinsi Papua yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa menyampaikan selamat kepada Ketua dan seluruh anggota Senat, Rektor serta segenap civitas akademika dalam keberhasilan mengemban tugas dan tanggung jawab dalam mencerdaskan anak bangsa dan menghasilkan sumber daya manusia berkualitas di tanah Papua.

“Harapan kami, pemerintah Provinsi Papua kepada para wisudawan-wisudawati dari Uncen mampu tampil sebagai generasi-generasi yang siap mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang kita miliki. Apalagi saat ini Presiden Jokowi telah gencar-gencarnya mengatakan bahwa akan mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, memiliki keterampilan dan berdaya saing dalam menembus pasar global” ujar Beliau. (ST)

Tags