Diskusi Peran Mahasiswa Terhadap Gereja dan Kampus

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) ST. Alexander Sub Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih melaksanakan salah satu program kerja yaitu diskusi tentang peran mahasiswa fakultas hukum di gereja dan kampus. Diskusi ini dilaksanakan di salah satu ruang kuliah Fakultas Hukum Uncen, Kampus Abepura, Rabu-12 Juni 2019.

Dr. Yustus Pondayar, SH.,MH yang mewakili Dekan FH usai membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa fenomena saat  ini menunjukan bahwa banyak mahasiswa Kristen Protestan dan Katolik tidak mau mengambil bagian dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti ini. Di dalam kampus ada organisasi-organisasi intra kampus dan ekstra kampus. Kegiatan ini seharusnya mahasiswa Katolik wajib mengambil bagian.

Dr. Yustus berharap dari diskusi yang dilaksanakan oleh mahasiswa fakultas hukum ada rekomendasi atau saran kepada KMK Universitas untuk dapat melaksanakan kegiatan seperti ini. Dan implikasi dari hasil diskusi ini juga  diharapkan agar mahasiswa ketika berada di tengah masyarakat dapat terlibat aktif dalam kegiatan gereja.

Mahasiswa juga harus aktif dalam kegiatan pemuda gereja di sekitar tempat tinggalnya, sehingga ketika selesai dari pendidikan tinggi dan kembali ke masyarakat, mahasiswa tersebut sudah bisa bersosialisasi dengan baik. Kemudian dapat aktif juga dalam kegiatan kampus. Sehingga dari sisi ilmu hukum dapat dipelajari dan dikuasai bagi hidup masa depan, juga dari sisi Theologi dimiliki sebagai pedoman hidup, ungkap PD III FH Uncen.

Ketua KMK Sub Fakultas Hukum, Elias Gobay mengatakan diskusi ini diselenggarakan karena pengurus  melihat saat ini mahasiswa kurang menyadari peran mereka sebagai mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di kampus dan juga di gereja pada lingkungan tempat tinggalnya. Sehingga kami membuat program diskusi seperti ini yang berkaitan dengan keadaan mahasiswa khususnya mahasiswa Katolik  Fakultas Hukum. Kami juga mengundang UKM lainnya termasuk PMK Fakultas Hukum, jelasnya.

Fransiskus Assem sebagai Ketua Panitia menjelaskan bahwa materi diskusi hanya fokus pada peran mahasiswa terhadap gereja dan kampus. Partisipasi Mahasiswa dalam kegiatan gereja dan kampus terlihat sangat kurang. Dengan visi pelayanan dari KMK Sub Fakultas Hukum yaitu Memikul Salib Untuk Jalan Kristus , maka kegiatan ini untuk menumbuhkan iman dan semangat mahasiswa Katolik untuk bisa aktif dalam kegiatan gereja dan kampus.

Perwakilan BEM FH, Yops Itlay memberikan apresiasi pada KMK St. Alexander dengan pelaksanaan diskusi ini. Yops menilai kegiatan ini sangat positif, ini merupakan awal yang baik karena sebelumnya vakum dengan kegiatan diskusi. Ini harus menjadi semangat untuk bangkit. Yops juga berharap untuk dilaksanakan lebih luas di tingkat universitas dengan tema yang lebih sentral bagi Tanah Papua.

Materi Diskusi tentang  Peran Mahasiswa Terhadap Kampus dan Dinamika Sosial disampaikan oleh Ketua DPM FH Uncen, Amos Kigodi Kayame. Dalam materinya Amos menekankan agar sebagai generasi penerus, mahasiswa harus aktif dalam kegiatan kampus yang berjiwa humanis. Mahasiswa juga harus bertindak secara kritis, analitis, intelektualistis dan realistis. Sehingga dalam kehidupan dapat mentikapi dinamika sosial yang terjadi. Menjadi mahasiswa maka harus memiliki jiwa dedikasi untuk melayani kepada rakyat sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Di awal pelaksanaan diskusi ini, Ketua KMK Universitas Cenderawasih menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Ketua KMK Sub Fakultas Hukum yang sukses dengan program-program kerja. (yt)

Tags
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.