Upacara Hardiknas 2019 di Universitas Cenderawasih

Memperingati  Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 , Universitas Cenderawasih menyelenggarakan Upacara bendera dengan mengambil tempat di Auditorium Kampus Uncen Abepura dikarenakan hujan yang turun dari malam hari, Kamis (2/5).

Seluruh pejabat ,para pegawai, para dosen dan mahasiswa turut mengikuti Upacara dengan penuh khidmad yang diwarnai dengan pakaian kemeja berwarna putih  dan bawahan hitam.

Bertindak sebagai Pembina upacara Rektor Uncen, Dr.Ir. Apolo Safanpo, S.T.,M.T., dan pada Tahun 2019, peringatan  Hardiknas mengusung Tema mewujudkan “SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter”.

Dalam sambutan Menteri Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi yang dibacakan oleh Rektor, disampaikan bahwa tema ini relevan untuk menghadapi kondisi dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubanhan yang semakin pesat. Revolusi perangkat lunak telah mentransformasikan kegiatan ekonomi dengan sebagian pekerjaan yang ada akan digantikan oleh otomatisasi.

“Perkembangan pendidikan Tinggi di Indonesia terus mengalami perkembangan. Jumlah instansi Pendidikan Tinggi di Indonesia saat ini berjumlah 4741. Namun dengan penyelenggara sebanyak itu, angka partisipasi kasar pada Pendidikan Tinggi kita pada tahun 2018 masih 34,58%. Artinya, masih ada sekitar 65% anak-anak usia kuliah tidak mampu mengemban pendidikan tinggi. Oleh sebab itu perlu dilakukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di Perguruan Tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembngunan dan pasar kerja.

Dilanjutkan oleh beliau dengan menyadari semakin tingginya harapan pemerintah dan masyarakat Indonesia kepada Pedidikan Tinggi  dalam memberikan Pendidikan kepada generasi penerus bangsa agar kompetitif, kreatif dan innovative di era disrupsi saat ini, maka Pendidikan Tinggi  Indonesia dituntut untuk ikut berevolusi dan didorong kesanggupannya untuk melakukan upaya transformasi digital dalam penyelenggaran kegiatan Tridarma dan pengelolaan Perguruan Tinggi.

“Daya saing para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa terus dikembangkan melalui peningkatan literasi pada data, literasi pada teknologi dan literasi pada manusia atau human. Kemajuan teknologi menandakan majunya pendidikan dan Ilmu Pengetahuan yang tetap harus memartabatkan manusia dan mensejahterakan manusia dan bangsa Indonesia”.

Mengakhiri sambutan yang dibacakan  Rektor, Menteri mengajak seluruh pimpinan Perguruan Tinggi, dosen ,tenaga kependidikan dan mahasisiwa serta komunitas pendidikan tinggi di seluruh tanah air unruk beriktiar bersama-sama memajukan PT yang relevan, berkwalitas dan terjangkau.

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.