Uncen Peringati HUT ke-73 Kemerdekaan RI

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia diperingati dengan khidmat oleh seluruh jajaran civitas akademika Uncen, para tenaga kependikan serta pegawai tidak tetap di lingungan Uncen. Upacara berlangsung di  halaman Gedung Pascasarjana, Kampus Uncen Abepura,Juma (17/8).

Upacara dipimpin oleh Pembantu Rektor 1, Dr. Onesimus Sahuleka, S.H.,M.Hum yang pada kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Riset ,Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dalam sambutannya Menristekdikti menyampaikan  bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan bersatu di tengah keberagaman sesuai semboyan bangsa Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”,oleh karena itu Menteri mengajak seluruh peserta upacara untuk memahami kembali secara utuh tentang Pancasila dan melihat kebhinekaan sebagai sebuah anugerah.

Menteri juga menyampaikan rasa bangga akan banyaknya prestasi yang diraih dalam event Internasional pada tahun 2018 ini seperti juara dunia 100 meter pada cabor lari, juara pertama AFF U-16, juara di ajang inovasi teknologi Shell Ideas 360, juara dunia pada ajang adu cepat mobil hemat energy Driver’s World Championship. Namun demikian pemanfaatan Iptek dan inovasi bagi masyarakat khususnya pelaku ekonomi dan industri masih  perlu ditingkatkan lagi.  Mengenai keberhasilan dan prestasi yang diraih putra-putri bangsa mengajak kita bangsa Indonesia untuk terus berprestasi dan berinovasi  dengan motto “KERJA KITA, PRESTASI BANGSA”.

Menteri menambahkan menghadapi Revolusi Industri 4,0 literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi yaitu Data Literation, Technology Literation dan Human Literation harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca,tulis dan matematika. Ditegaskan bahwa Literasi Teknologi akan memudahkan mahasiswa untuk membaca, menganalisis dan menggunakan informasi dari Big Data dalam dunia digital. Menteri mengajak agar semua elemen dunia pendidikan terutama para dosen, guru maupun tenaga kependidikan  harus meningkatkan  kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru, dan tantangan global  terutama pada skills kepemimpinan dan kerjasama tim.

Selesai membacakan sambutan Menristekdikti, Pembina Upacara juga menghimbau segenap peserta upacara untuk mengisi Kemerdekaan dengan bekerja sesuai tupoksi masing-masing, berkreativitas dan berinovasi. Selanjutnya memberikan SatyaLancana Karya Satya kepada 25 orang PNS yang telah mengabdi selama dalam kurun waktu 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Kepada para PNS yang menerima Piagam Penghargaan, beliau mengucapkan selamat dan mengajak untuk lebih semangat dalam menjalankan tugas dan terus bekerja dan bekerja.

DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-73

“KERJA KITA, PRESTASI BANGSA”

This website uses cookies to enhance your browsing experience.