VISI

Dalam rangka menjalankan agenda nasional untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu dengan kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa, serta mengemban tugas dan fungsi Universitas Cenderawasih sebagai Perguruan Tinggi terkemuka di Papua, maka ditetapkan visi sebagai berikut :

Terwujudnya Universitas Cenderawasih yang unggul, berdayasaing, berkarakter budaya dan berwawasan lingkungan, pada Tahun 2019.

 

Universitas Cenderawasih Yang Unggul, dimaknai sebagai efek dari proses tata penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi dan realisasi peningkatan nilai dari potensi daerah Papua sehingga menjadi produk dan jasa akademis yang bersifat unik, bermutu tinggi dan berdayasaing. Hal ini sejalan dengan kehendak nasional dalam mewujudkan pendidikan tinggi bermutu yang menghasilkan lulusan berpengetahuan, terdidik, dan terampil. Ditunjang dengan kemampuan iptek dan inovasi atas dukungan kapasitas SDM dan lembaga litbang serta perguruan tinggi dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan iptek. Dengan demikian, maka Universitas Cenderawasih ikut serta secara aktif berkontribusi mengembangkan iptek dan pendidikan tinggi sebagai salah satu pilar penting dalam menyokong peningkatan daya saing bangsa yang ditunjukkan oleh ketersediaan tenaga terampil pendidikan tinggi dan keunggulan produk teknologi hasil litbang.

Unik
  • Menghasilkan sumberdaya manusia dan ipteks berbasis lingkungan secara dinamis dan relevan dengan kebutuhan pengembangan sumberdaya alam Papua
Bermutu
  • Menghasilkan sumberdaya manusia yang utuh, dicitrakan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi dan integritas moral berbasis budaya.
  • Menghasilkan ipteks yang mampu menjadi solusi bagi pembangunan di Papua dan pengembangan ilmu pengetahuan
  • Menghasilkan layanan yang mampu meningkatkan derajat kesejahtaraan masyarakat
Berdayasaing
  • Menghasilkan sumberdaya manusia dan ipteks yang bermutu, sehingga memiliki keunggulan kompetitif dalam konteks nasional dan internasional

 

 

Universitas Cenderawasih yang berkarakter budaya, dalam kerangka pengem-bangan sumberdaya manusia serta ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, dicirikan oleh kepribadian individu dan kolegial atas prinsip solidaritas yang kuat dan bermartabat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan

Kepribadian
  • Mewujudkan kepribadian individual yang berkarakter cendekia dan berwawasan moral kebangsaan dan budaya Papua
Solidaritas
  • Menciptakan spontanitas kebersamaan kolegial dan keter-paduan karya dalam kerangka komunitas akademis.
Bermartabat
  • Mengembangkan karakter jati diri yang diakui dan dihargai sebagai insan akademis yang terpandang.

Universitas Cenderawasih Yang Berwawasan Lingkungan, dimaknakan sebagai wujud responsivitas terhadap lingkungan sekitar yang mencitrakan derajat ke-pedulian dalam pengelolaan sumberdaya alam Papua secara efektif dan efisien untuk memajukan masyarakat dan bangsa.

Responsivitas
  • Menciptakan kondisi kehidupan akademis yang respek dan memiliki kepedulian terhadap pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.
Pengelolaan SDA
  • Mewujudkan desain akademis dalam rangka optimalisasi tata kelola sumberdaya alam secara efisien dan efektif yang sungguh-sungguh bermakna bagi kehidupan masyarakat bangsa, tepat sasaran, dan tidak boros.

 

MISI

Dalam rangka mewujudkan visi Universitas Cenderawasih  pembangunan Tahun 2015-2019, telah ditetapkan misi yang diemban sebagai berikut :

 

  1. Meningkatkan relevansi, mutu, dan jumlah lulusan yang cerdas dan kompetitif, berwawasan budaya dan lingkungan.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif berbasis budaya dan berwawasan lingkungan;
    Meningkatkan mutu tata kelola pendidikan tinggi yang terintegrasi.

 

  1. Tercakup dalam misi tersebut adalah upaya inovatif untuk mengembangkan mutu pendidikan tinggi berbasis iptek dalam matra pembelajaran, kemahasiswaan, kelembagaan, sumber daya, riset dan pengembangan, dan penguatan inovasi.

Tercakup dalam misi tersebut adalah upaya inovatif untuk mengembangkan mutu pendidikan tinggi berbasis iptek dalam matra pembelajaran, kemahasiswaan, kelembagaan, sumber daya, riset dan pengembangan, dan penguatan inovasi.