Tugas Pokok

Sebagai lembaga yang bergerak pada bidang pendidikan Uncen mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni serta menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
Sejalan dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, maka pengembangan universitas kedepan diarahkan untuk mewujudkan keunggulan spesifik, khususnya dalam memajukan dimensi antropologi dan manajemen sumber daya alam. Oleh sebab itu dibutuhkan persiapan yang matang untuk mewujudkan Uncen menuju universitas riset yang unggul. Hal tersebut berkaitan dengan kebijakan dan program pengembangan Uncen yang mengacu kepada kebijakan strategis pembangunan pendidikan nasional yang mencakup tiga pilar, yakni:
  1. peningkatan mutu pendidikan;
  2. mengembangkan teknologi dan sains berbasis lingkungan; serta
  3. penguatan tata-kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas pokok dimaksud Uncen mempunyai fungsi :
  1. Pelaksanaan dan pengembangan pendidikan tinggi;
  2. Pelaksanaan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni;
  3. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat;
  4. Pelaksanaan pembinaan civitas akademika dan hubungan dengan lingkungan;
  5. Pelaksanaan kegiatan layanan administrasi.
Agar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dapat berjalan dengan lancar maka pada tahun 2010, Universitas Cenderawasih mengalami pemekaran organisasi dengan bertambahnya satu biro yakni Biro Administrasi Perencanaan, Sistim Informasi dan Kerjasama, Humas. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Oganisasi dan Tata Kerja Universitas Cenderawasih.