Sekilas Tentang Uncen

sejak 10 November 1962

Uncen berdiri sejak tanggal 10 November 1962 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 389 Tahun 1962 jo keputusan bersama WANPA/ Koordinator Urusan Irian Barat dan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No 140/PTIP/ 1962 tanggal 10 November 1962.

Pada saat berdiri, Uncen memiliki 2 Fakultas dan satu lembaga yakni Fakultas Hukum dan Ketatanegaraan (FH KK), Fakultas Kegu-ruan dan Ilmu Pendi-dikan (FKIP) dan lembaga Antropologi yang berlokasi di Jayapura, sebelumnya bernama Holandia atau Soekarno putra atau Kotabaru. Pada tanggal 5 Oktober 1964 dibuka satu Fakultas di Manokwari yakni Fakultas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (FPPK).

Bersamaan pada tahun itu, FKIP dipecah menjadi dua fakultas yakni Fakultas Keguruan (FK) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Kemudian tahun 1965 FHKK membuka jurusan Ilmu Administrasi Niaga di Sorong dan Jurusan Ilmu Administrasi Negara di Biak pada tahun 1967. Tahun 1970, kedua jurusan tersebut dipindahkan kembali ke FHKK Uncen di Jayapura.

Perkembangan selan-jutnya, berdasarkan Peraturan Pemerin-tah nomor : 5 Tahun 1980, Keputusan Presiden RI Nomor 74 Tahun 1982 dan Keputusan Menteri Pendidikan dan ke-budayaan RI : 0576 /0/1983 maka FKIP membawahi 3 jurusan yakni :

  1. Jurusan Ilmu Pendidikan
  2. Jurusan Pendidikan Matematika
  3. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial

Sejalan dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat, Uncen mengalami perkembangan dengan membuka beberapa Fakultas antara lain, FMIPA, FT, FKM, Fakultas Kedokteran dan yang terakhir Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Pada tahun 2001, Uncen secara resmi melepaskan Faperta Manokwari yang dikenal dengan nama Universitas Negeri Papua (UNIPA) yang berlokasi di Manokwari. Sehingga sampai saat ini Uncen memiliki 9 Fakultas dan menawarkan 58 Program Studi baik dari Program Diploma, Strata Satu dan Pascasarjana.

 

55000
Foreign Followers
60
Certified Teachers
2240
Students Enrolled
215
Complete Courses

Tugas Pokok

Sebagai lembaga yang bergerak pada bidang pendidikan Uncen mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni serta menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
Sejalan dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, maka pengembangan universitas kedepan diarahkan untuk mewujudkan keunggulan spesifik, khususnya dalam memajukan dimensi antropologi dan manajemen sumber daya alam. Oleh sebab itu dibutuhkan persiapan yang matang untuk mewujudkan Uncen menuju universitas riset yang unggul. Hal tersebut berkaitan dengan kebijakan dan program pengembangan Uncen yang mengacu kepada kebijakan strategis pembangunan pendidikan nasional yang mencakup tiga pilar, yakni:
  1. peningkatan mutu pendidikan;
  2. mengembangkan teknologi dan sains berbasis lingkungan; serta
  3. penguatan tata-kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas pokok dimaksud Uncen mempunyai fungsi :
  1. Pelaksanaan dan pengembangan pendidikan tinggi;
  2. Pelaksanaan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni;
  3. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat;
  4. Pelaksanaan pembinaan civitas akademika dan hubungan dengan lingkungan;
  5. Pelaksanaan kegiatan layanan administrasi.
Agar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dapat berjalan dengan lancar maka pada tahun 2010, Universitas Cenderawasih mengalami pemekaran organisasi dengan bertambahnya satu biro yakni Biro Administrasi Perencanaan, Sistim Informasi dan Kerjasama, Humas. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Oganisasi dan Tata Kerja Universitas Cenderawasih.